Kelepon Coklat Tabur Salju


Udah lama sejak Ujian Akhir Semester nggak pergi ke dapur, pergi sich tapi nggak melakukan aktivitas seperti orang kebanyakan. Akhirnya suatu kali, ada acara buka bareng temen-temen kampus. Nah, ntah kenapa, fakultasku FTSL dan SAPPK jadi PJ, tiba-tiba seseorang mengsms, intinya “Akhwat siapin masakan yah”.. Ups, enak bener minta-minta, tapi mau gimana lagi, daripada kita nggak makan apapun yang mendingan kita buatin. Akhirnya, bagi-bagi tugas ada yang bikin minuman ada yang bikin makanan. Alhasil, jadi aku yang kebagian makanan.

 Setelah kucari-cari terigu habis, mentega pun nggak ada. Lihat di kulkas Cuma ada selai coklat ama coklat block sisa bikin kue. Hehe.. mau beli bahan, udah malem. Akhirnya mama bilang bikin “kelepon” aja dari ubi. Mumpung banyak ubi di rumah, kiriman tante. Setelah dipikir-pikir, jangan dibikin kaya kelepon aja, bikin apa yah?

 Setelah dikumpulin bahan yang tersedia hanya :

  • Tepung Kanji secukupnya
  • Selai coklat dan coklat batang secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Vanili 2 sachet
  • Ubi
  • Susu bubuk 1 sachet
  • Daun Pandan (masih segar tinggal nyabut dari kebun.. ^_^)
  • Kelapa 1 butir

Takarannya sich flexibel aja, tergantung mau bikin segimana. Nggak harus tergantung berapa jumlahnya yang penting semuanya merata.

Jadi bikin apa kita sekarang?

Kelepon Coklat  Tabur Salju

Gimana cara bikinnya?

Step 1

  1. Cuci Ubi hingga bersih. (Jangan minta anak kecil untuk mencucinya, karena pengalaman, mereka mencuci pake sabun, hehehe)
  2. Rebus Ubi hingga matang dan empuk.
  3. Tiriskan beberapa menit.
  4. Cuci tangan Anda sebelum memulai membuat adonan.
  5. Kupas kulit ubi hingga bersih, singkirkan bagian-bagian yang terlihat menghitam dan berbau tak sedap.
  6. Tumbuk ubi hingga halus.
  7. Campurkan dengan tepung kanji hingga semua merata dan tidak menempel. Atau biasanya disebut “kalis” sehingga mudah dibentuk.
  8. Untuk menambah nikmat beri satu sachet (boleh lebih) susu bubuk full cream (merknya sih terserah Anda) dan 2 sachet vanili bubuk.
  9. Bentuk adonan mendatar di tangan, isikan coklat secukupnya, jika merasa kurang manis boleh menambah dengan gula, tapi itu tergantung selera Anda. Lalu bulatkan bentuknya, hingga coklat tertutupi dengan ubi.
  10. Simpan hingga adonan selesai dibentuk.

 Step 2

  1. Panaskan air bersih dalam panci berukuran sedang hingga mendidih sekaligus masukkan daun pandan secukupnya.
  2. Masukkan sebagian-sebagian adonan yang telah dibentuk ke dalam panci, rebus beberapa menit hingga kelepon tersebut mengambang di air.
  3. Angkat dan tiriskan.
  4. Lakukan hingga adonan habis.

Step 3

  1. Parut kelapa (kalo bisa yang masih sedikit muda sehingga rasanya masih terasa gurih).
  2. Untuk menambah gurih Anda boleh menaburkan sedikit garam.
  3. Kukus parutan kelapa selama 10 menit.
  4. Tiriskan.

Step 4

  1. Masukkan adonan kelepon yang telah di rebus ke dalam parutan kelapa yang telah di kukus.
  2. Hidangkan.

 Biasanya keluargaku selalu membuat kelepon menggunakan gula merah, tapi karena tidak semua orang suka, jadi saya mencoba menggunakan coklat. Sebenarnya Anda boleh menggunakan selai apapun, tapi jika Anda merebusnya rasa manisnya akan sedikit hilangKelepon Coklat Tabur Salju sehingga ada baiknya Anda menambahkan gula putih ke dalam selai.

Selamat Mencoba.

Selamat Memasak..

2 thoughts on “Kelepon Coklat Tabur Salju

  1. hmmp, kalau lihat alur ceritanya
    kayaknya yang sms semena-mena banget yah..

    but…
    anyway, thanks for the food

    jazakallah khair katsir

    moga Allah membalas dengan yang lebih banyak dan melimpah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s