Wisata Alam Situ Patenggang


Patenggang LakeSitu yang berarti danau merupakan tempat yang memiliki daya tarik yang khas di setiap tempat. Salah satunya di wilayah kabupaten Bandung, Ciwidey. Situ ini diberi nama situ Patenggang / Patengan. Jika dilihat sekilas memang cantik menawan. Warna air yang hijau akibat pantulan pepohonan sekitarnya dipercantik dengan riak air karena hembusan angin. Begitu pula hamparan kebun teh yang hijau di sekelilingnya menambah kesegaran alamnya. Di bagian tengah situ ini terdapat pulau yang konon katanya menyerupai bentuk hati dan dinamai Pulau Cinta. Jika Anda ingin melepaskan kepenatan setiap akhir pekan, berkunjung ke sini merupakan salah satu alternatif.

Dikawasan ini terdapat gazeebo atau dalam bahasa Sunda dikenal dengan saung. Anda bisa menggunakannya untuk bersantai atau makan sambil bercengkrama dengan keluarga. Atau Anda juga bisa menikmati semilir angin dengan duduk di tepi danau di atas bebatuan yang ada sambil berfoto.CantikCantik

Selain itu bagi Anda yang senang bermain air atau berperahu Anda bisa menyewa perahu air yang harganya cukup terjangkau jika Anda menaikinya beramai-ramai bersama keluarga dan sahabat Anda. Menjelajahi danau dari tepi hingga ke tepi mungkin akan menyegarkan pikiran Anda dan mungkin sedikit merefleksikan bahwa hidup di dunia pasti ada ujungnya yaitu kematian (lho jadi nyambung kesana-red).

Di daerah ini juga terdapat lapangan yang cukup untuk bermain bola bagi keluarga Anda yang hobby bermain bola. Sama halnya yang dilakukan saudara-saudara saya ketika datang kesini yaitu mencari tempat untuk bermain bola. Hal ini dapat menambah akrab dan menjalin kesatuan diantara keluarga Anda.

Bagi Anda penyuka strawberry Anda bisa membelinya dengan harga terjangkau bahkan Anda bisa memetiknya sendiri di sini. Di warung-warung yang ada di sekitar kawasan ini banyak menjajakan makanan dan oleh-oleh seperti peuyeum Bandung, manisan pepaya, manisan pala, aneka buah-buahan sampai bantal atau boneka berbagai bentuk seperti strawberry bahkan kaki manusia.

Namun, sayang beribu sayang kecantikan alamnya ini harus ternodai oleh sampah yang berserakan dimana-mana. CkckckckPadahal sudah ada tempat sampah namun tetap saja masih ada pengunjung yang tidak peduli dan membuang sampahnya begitu saja. Ada di bebatuan, rerumputan, bahkan di tepi dasar danau. Hal ini tentunya mengurangi kecantikan alam yang disuguhkan Sang Pencipta. Seandainya saja para pengunjung, bisa merasakan keindahan alam tanpa merusak dan mengotorinya…

Walaupun begitu kecantikan Situ Patenggang tetap menawan, apalagi jika Anda dapat melestarikan dengan tidak membuang sampah di sekitar maupun di danaunya..

Selamat berkunjung..

2 thoughts on “Wisata Alam Situ Patenggang

  1. aduh syang yach,,,,,, cuma poto sampah yang tertera disini, bukan pemandangan yang asri & indah yang ditampilkan, kita merasa terganggu dengan hal ini, karena kita sebagai URANG PATENGGANG ASLI, yang lahir disana, kita menyarankan, jangan hanya menampilkan image negatifnya, coba kasih pandangan (saran/pendapat) ada pengelola diasana, gimana solusinya yang terbaik Nuhun ach

    • cuma poto sampah yang tertera disini ??? jangan hanya menampilkan image negatifnya, (silahkan dibaca ulang postingan saya dari sudut pandang yang berbeda)

      “Walaupun begitu kecantikan Situ Patenggang tetap menawan, apalagi jika Anda dapat melestarikan dengan tidak membuang sampah di sekitar maupun di danaunya..”

      Jika Anda adalah orang sana asli, seharusnya Anda juga berpikir terbuka, saya sebagai mahasiswi lingkungan, mencoba memandang dari segi lingkungan, mungkin kalo saya anak pariwisata akan berpikir hal yang sama..

      Jika Anda merasa terganggu, coba diperbaikilah yha.. Apalagi Anda orang sono asli, kan harus sayang sama lingkungan sana.. ok boss?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s