Bahagia


Pernah denger atau baca ayat di bawah ini?

Artinya : “Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha kuat lagi Maha perkasa,” (QS. Al Hajj : 40)

Pernah membuktikannya?? Nah, saya ingin berbagi tentang pengalaman menakjubkan terkait dengan selintas makna ayat diatas. Pada tanggal 4 januari 2010, saya harus mengikuti sebuah ujian di program studi yang saya tekuni saat ini. Mata kuliahnya mata kuliah yang tidak belajar pun mungkin bisa dikerjakan tapi walaupun begitu tetap saja jika konsepnya tidak kita pahami, maka karangan untuk mengerjakan pun tetap tidak optimal.. Nama mata kuliah tersebut adalah Sanitasi Makanan dan Minuman.

Flashback 1 minggu sebelum ujian dulu yha..

Di kampus dimana saya bernaung ini, saya mengikuti sebuah Organisasi keislaman sebut saja Keluarga Mahasiswa Islam. Akhir tahun ini organisasi tersebut memang telah berganti kepengurusan yang kini Top Management dipegang oleh angkatan 2007 termasuk saya di dalamnya. Selama satu minggu setelah pengumuman kepala G1 terpilih, alhasil saya yang notabene diminta untuk membuat konsep Kaderisasi dan pembinaan kader mulai mencari ide dan data terkait konsep yang akan dijalankan selama kepengurusan G2010. Mungkin terlihat mudah, tapi pelaksanaannya lumayan sulit untuk memikirkan sebuah pembinaan dan pengontrolannya. Selama satu minggu ini pula saya harus menyelesaikan amanah akademik untuk memperbaiki diktat kuliah dosen. Terbayang benar-benar menguras perhatian, bukan? Belum lagi saya harus menjalankan amanah di luar kampus. Semua amanah yang saya pegang sekarang berada di tataran konsep sehingga saat saya memegang dua amanah sekaligus dalam satu waktu sungguh luar biasa.

Alhasil selama satu minggu tersebut saya benar-benar fokus untuk menjalankan amanah kampus, sekolah mengurus mentoring adik-adik, dan rumah. Sampai hari terakhir sebelum tanggal 4 pun saya masih belum belajar untuk ujian mata kuliah tersebut. Hingga malamnya saya harus mengetik dan membuat draft konsep yang telah dibuat.

Ada rasa sedih memang, berbagai kekhawatiran ‘ duh, saya belum belajar, belum buka buku sama sekali’ bahkan laporan kulap pun masih belum saya rapihkan. Saat itu saya hanya bisa menarik nafas dan berdoa semoga Allah senantiasa memudahkan segala urusan saya. Hingga akhirnya saat larut malam baru bisa membuka buku, tapi ujian itu datang kembali, tiba-tiba listrik di rumah mati hingga sekitar dua jam. Akhirnya karena sangat lelah dengan aktivitas siangnya saya pun  bermaksud untuk tidur sejenak selepas tilawah dan bertekad untuk bangun saat dini hari. Namun, karena memang kondisi tubuh yang tidak fit, saya terbangun saat beberapa menit sebelum adzan subuh.

Ketika bangun, rasanya ini hanya mimpi. Tapi ini nyata. Dan saya hanya bisa menangis.. Benar-benar belum baca buku dan laporan-laporan pun belum selesai. Tapi setelah salat shubuh dan tilawah beberapa lembar, saya mulai membuka buku. Membaca pun hanya skimming bagian-bagian penting dari setiap bab. Namun, entah mengapa saya benar-benar mempelajari bagian terakhir dari bab yang diujikan dan perbaikan diktat yang belum sempat saya selesaikan. Itu pun tidak bisa dikatakan belajar karena hanya membaca dalam waktu setengah jam. Setelah itu langsung bersiap-siap untuk ujian pukul 7. Saya benar-benar memasrahkan semua ini hanya pada Allah. Mungkin bisa saja saya mengeluh karena amanah yang saya pegang sedang sibuk-sibuknya sehingga saya tidak bisa belajar seperti teman-teman saya yang lainnya. Tapi saya hanya bisa bersyukur atas nikmat beramanah dan masih bisa kuliah. Jadi saat itu saya benar-benar pasrah sepasrah-pasrahnya.

Tanggal 4 Januari 2o1o

Akhirnya sesampaiku di kampus, aku bertemu dengan teamn-teman kuliahku. Banyak sekali yang bertanya ini gimana itu gimana, belajar ini nggak, ngafalin itu nggak.. Dengan tersenyum aku berkata ‘aku nggak belajar samapi ngafalin cuma membaca sekilas aja’ dan tanggapan mereka ‘ ah, kamu kan udah pinter ‘ dan aku jawa ‘alhamdulillah’. Padahal sesungguhnya aku memang tidak belajar sampai menghafal.

Akhirnya jam tujuh pun tiba, dan kami sudah bersiap dengan otak masing-masing. hatiku saat itu bisa dipastikan sangat galau dan resah. Berbagai pikiran buruk berkecamuk ‘ gimana kalo saya nggak bisa ngerjain?” dan pikiran lainnya.

Soal sudah dibagikan. Lalu saya membuak soalnya, dan benar-benar terkejut. Subhanallah. Soal yang keluar hanya tiga dan itu pun bab yang saya pelajari yaitu tentang ISO 22000 , HACCP, dan peralatan sanitasi industri makanan, hotel,dan jasa boga yang lain . Subhanallah benar-benar luar biasa.. Saat mengerjakan benar-benar lancar.. Tak henti-henti saya berucap syukur atas nikmat ini..

Setelah selesai ujian tersebut, banyak teamn saya yang mengeluh karena mereka sudah menghafal hampir semua bab namun hanya 2 bab yang keluar dan itu pun studi kasus… Dalam  saya hanya tersenyum menanggapi perkataan teman saya. Kemudian saya teringat ayat Al-qur’an diatas, memang saat kita menolong agama Allah dalam hal ini amanah untuk berdakwah memperbaiki kondisi dan membina ummat maka Allah akan menolong kita, insya Allah datang dengan tidak kita duga.

Alhamdulillah Allah benar-benar menolong saya.. Dan cukup Allah sebagai penolong dan tempat kita bergantung.. Sesungguhnya amanah itu jangan dijadikan sebagai beban, tapi jadikanlah sebagai jalan meniti menuju Jannah-Nya.. Sebagai ujian agar kita bisa lolos untuk bertemu sang Kekasih hati.. Jangan pernah mengeluh dan mundur, ikhlaslah dan istiqomahlah dalam mengemban amanah dakwah ini..

Tidak ada jihad, syahid dan surga kecuali jika tujuannya agar kalimat Allah tinggi dan menjadikan syariat dan manhaj-Nya menguasai hati, akhlak, prilaku, kondisi, perundang-undangan dan aturan-aturan mereka.

One thought on “Bahagia

Leave a Reply

