Environmental Engineering (2)


Prodi Teknik Lingkungan merupakan salah satu program studi yang ada di Institut Terbaik Bangsa di bawah fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL). Program studi FTSL terdiri dari tiga program studi yaitu Sipil, TL, dan Kelautan. Studi dari ketiga prodi tersebut merupakan satu rumpun pembangun namun berbeda dalam fokus studi. Tapi saya hanya akan membahas Teknik Lingkungan karena sekarang saya sedang menekuni jurusan ini. Seperti yang kita ketahui Lingkungan menjadi salah satu isu global saat ini. Tentunya TL juga menjadi penting dalam keberlanjutan kehidupan manusia. Kenapa harus TL :

  1. Manusia tidak bisa hidup tanpa air.
  2. Manusia tidak akan sehat jika limbah begitu saja di buang ke lingkungan.
  3. Mungkin sumur-sumur atau sumber mata air akan tercemar jika setiap warga tidak memiliki septic tank.
  4. Industri makanan dan minuman tidak terjamin kualitas makanan dan kehigienisannya.
  5. Sampah makin lama makin menumpuk jika tidak tereduksi dan didaur ulang.
  6. Bila musim hujan akan selalu banjir jika tidak ada drainase yang baik.
  7. Bumi akan  kekurangan oksigen jika polusi mobil terus-terusan di emisikan.
  8. Bumi akan panas jika gas rumah kaca kian lama menumpuk dan merusak lapisan ozon di atmosfer.
  9. Dan lain-lain.

Gimana? Begitu luar biasa kan jika kita belajar di Teknik Lingkungan?? Maukah kalian menjadi “eco heroes”.. Eco School For Eco Heroes.. Lalu belajar apa aja di Teknik Lingkungan ITB :

Kalian bakal belajar yang namanya Surveying dan Pemetaan. Sebenarnya ini mata kuliah teknik Geodesi tapi salah satu mata kuliah wajib TL. Disini kalian belajar menghitung sudut, panjang jalan, kontur dan topografi, belajar mengukur ketinggian tempat, belajar untuk menggunakan alat-alat yang suka dipakai anak Geodesi. Tidak terlalu banyak teori, tapi banyak hitungan. Belajar menghitung selalu.. Tapi sangat menyenangkan karena praktikum lapangannya sangat santai bisa dilakukan kapan aja yang penting sebelum deadline, hoho. Kadang ngukur-ngukur jalan seharian sambil ujan-ujanan di kampus. Ngeliatin angka-angka kecil dari jarak belasan meter sampe mata jereng. Tapi sangat menyenangkan, pokonya temukan sensasinya..

Mata kuliah selanjutnya pengetahuan struktur yang merupakan mata kuliah wajib dari sipil. Nah disini kita belajar menghitung ketahanan dan struktur bangunan, bisa menghitung rancangan rangka bangunan, belajar teori juga belajar menghitung (rangka menara pisa kuat atau nggak, hehe).. Mata kuliah ini zaman saya (2007) ada asistensi, belajar menghitung gaya dalam, rangka,dan lain-lain dari suatu bentuk rangka bangunan, biasa deadline tiap minggu. Soalnya sih maksimal 5 soal, tapi Cuma 3 soal pun bisa mengerjakan ampe 10 lembar HVS, kebayangkan kalo 5 soal kaya gimana?? Tapi ketika angkatan 2008 sepertinya tidak ada asistensi, nah pasti mereka tidak dapat merasakan sensasi ngerjain Pengstruk berhari-hari ampe begadang deh.. tapi senang karena terlatih dan mudah memahami dibanding kuliahnya sendiri. Mau mencoba??

Nah, lanjut ke mata kuliah Mekanika Fluida. Mata kuliah ini mungkin tidak hanya dipelajari di TL, di tempat lain juga dipelajari. Tapi mungkin sedikit berbeda, di TL kita belajar tentang aliran air di saluran pipa, sungai, ngitung-ngitung kecepatan ama diameter pipa, dan lain-lain. Belajar menggunakan alat-alat semacam bendungan, pelimpah, ambang, dan segala yang berhubungan dengan penyaluran air dan limbah, udara, irigasi, saluran drainase dan lainnya. Mekflu ini ada praktikumnya, sem3 laporan masih bisa diketik dan berkelompok, nah sem4 laporan ditulis tangan dan kerjain sendiri-sendiri.

Statistik Lingkungan, atau dikenal dengan statling disini kita belajar ngitung-ngitung stastitik suatu data percobaan atau eksperimen. Ada yang namanya anova, anava, data diterima atau ditolak, seumur belajar statling pasti selalu bawa kalkulator.

Gambar teknik, ini mata kuliah paling menyenangkan sedikit teori tapi banyak menggambar. Tapi bukan menggambar gunung, sungai, pohon, lautan, disini kita tidak melihat keindahan yang dilihat adalah detail data dan ukuran. Tapi tetep harus rapi. Pengalamannya ada di postingan saya sebelumnya. Silahkan membaca.

Matematika Rekayasa, belajar ngitung dan merekayasa suatu data sehingga bisa dibuat rencana-rencana eksperimen. Belajar pake program juga selain ngitung-ngitung manual pake kalkulator.

Kesehatan lingkungan ini kita belajar tentang lingkungan dan hal-hal yang bisa membuatnya tidak sehat. Kuliahnya paling menyenangkan karena hanya teori dan hafalan. Terus yang dipelajari adalah kasus yang terjadi di lingkungan sekitar juga jadi pasti mudah mengerti dan Insya Allah bisa diimplementasikan.

Mekanika tanah, ini mata kuliah wajib dari sipil juga. Disini kita belajar keelastisan,ketahanan tanah. Menghitung gaya-gaya. Mengetahui kualitas suatu butiran tanah dan hal lain yang berhubungan dengan tanah. Sedikit teori tapi hitungannya banyak. Cuma beda sama kuliah mektannya anak sipil. TL hanya mempelajari hal-hal muka nya saja, kalau sipil benar-benar detail.

Kimia Lingkungan.. Salah satu mata kuliah horor… karena pas UTS nggak bisa ngerjain, tapi Alhamdulillah pas UAS bisa mengerjakan karena open note akhirnya dapet A. Disini kita belajar tentang hal-hal yang berbau dengan kimia yang ada di alam. Contohnya pH, logam, kimia air, tanah, udara, dan lain-lain.

Mikrobiologi lingkungan… Hwaaaaa mata kuliah horor juga karena dosennya Luar Biasa.. Hehe. Disini walaupun banyak teori tapi langsung dipraktikan lewat praktikum, mirip-mirip anak mikrobilogi lah. Kita mengembangbiakan e-coli, serratia merchantia, pseudomonas, clostridium sp, dan sebangsanya. Di mikling ini juga kita mengetahui kualitas jenis-jenis makanan dan minuman di sekitar kita. Seberapa banyakkah bakteri yang terdapat di susu murni, seberapa baguskah jenis saus (ada pengawet atau tidak). Kita juga bisa menghitung dan mengetahui jenis bakteri yang menempel di tubuh kita. Pokonya menyenangkan walaupun pernah keracunan e-coli terus kena diare.. hiks-hiks.. lhooo

Hidrologi, ini nih kita ngitung-ngitung kemungkinan limpasan air pas banjir, belajar seberapa banyak air yang menguap, pokoknya belajar siklus hidrologi tapi ada hitungan-hitungannya juga. Contohnya menghitung curah hujan maksimum dan hal lainnya yang berhubungan dengan air.

Epidemiologi Lingkungan. Dari namanya epidemi tentunya kita belajar penyakit-penyakit dan dampak yang ditimbulkan jika mewabah. Disini kita di beri proyek mengenai persebaran penyakit di suatu daerah dan berusaha untuk memecahkan masalah tersebut dengan mengaitkannya dengan kondisi lingkungan. Mata kuliah ini hanya dua SKS tapi, proyeknya membutuhkan effort yang luar biasa mulai dari survey tempat hingga mewawancarai warga sekitar mulai dari RT, RW, puskemas terdekat, dan masyarakat. Muter-muter satu kecamatan dan memotret kondisi penting yang berkaitan dengan penyakit tersebut berasal. Tapi sebagai seorang mahasiswa mungkin terjun ke lapangan langsung dan mengetahui langsung kondisi nyata akan sangat membantu memahami mata kuliah yang bersangkutan. Pengalaman berharga, muter-muterin kecamatan Sumur Bandung sampai hampir keserempet kereta api…

Selain mata kuliah diatas kita juga bakalan dapet mata kuliah laboratorium Lingkungan, pokonya selain dapet masukan secara teori dari dosen sisanya kita praktikum menghabiskan seperenam hari di lab, bahkan kadang sampai satu minggu baru praktikum selesai, disini bener-bener belajar yang berhubungan dengan TL initinya kaya jantungnya TL. Mengetahui konsep-konsep TL, praktikum yang berkaitan dengan dunia TL sesungguhnya. Contohnya praktikum BOD,COD, analisis detergen dan logam, mengetahui kualitas air mengandung limbah atau nggak. Pokonya menyenangkan praktikumnya, tapi bikin laporannya nggak menyenangkan karena harus di tulis tangan yang boleh pake komputer cuma cover doang.. benar-benar perjuangan.. Kita juga belajar Pengelolaan Sampah, dalam mata kuliah ini hampir satu semester kita mengerjakan dua proyek besar berkelompok, pertama mengetahui kuantitas timbulan sampah dan daya reduksinya di setiap tempat dan proyek kedua yaitu mencari jalur jenis-jenis sampah mulai dari rumah penduduk hingga ke TPA dan melihat potensi daur ulang setiap jenis sampah. Nah dua proyek ini benar-benar menyita perhatian karena selain harus jalan-jalan mencari jalur sampah juga harus rela berkorban tenaga dan materi yang harus pergi dari ujung utara ke selatan Bandung. Tapi menyenangkan ke tempat-tempat menakjubkan seperti TPA Bantar Gebang dan Sumur Batu Bekasi (yah itung-itung pariwisata gratis dapet makan pula banyaaaakkk banget, tapi hanya baru bisa dimakan pas pulang ke rumah, ga nafsu..) Selanjutnya ada mata kuliah Teknik Penyediaan Air Minum, ini bener kaya petugas PDAM mulai dari transmisi air baku hingga distribusi air bersih ke pelanggan. Mata kuliah ini juga ada hubungannya dengan meknika fluida. Tapi kita jadi tahu apa yang dikerjain PDAM.. Nah ada tugas asistensinya juga yaitu bikin jurnal Sistem Penyediaan Air Minum. Mulai dari estimasi jumlah penduduk suatu kota, estimasi tahap pelayanan dan persentase pelayanan setiap tahap sesuai dengan kondisi ekonomi dan sosial masyarakat. kemudian membuat rancangan sistem transmisi mulai dari mencari jalur transmisi yang tepat dari sumber mata air hingga ke reservoir pengolahan. Lalu pendistribusian air terolah kepada penduduk dengan berbagai macam sistem distribusi. Benar-benar belajar  banyak, sampai harus bergadang bersama sekelompok mengerjakan gambar distribusi dan transmisi air.. Yah itung-itung lebih merekatkan hubungan teman satu-sama lain.. hehe karena belajar bareng terus..

Di TL ada mata kuliah pilihan yaitu sanitasi makanan-minuman udah kaya kuliah ibu-ibu karena bisa saja dalam satu semester perkuliahan hanya ada 1 orang mahasiswa dan 30 lainnya mahasiswi atau bahkan satu kelas hanya mahasiswi saja.. hehehe. Disini saya belajar banyak banget mengenai sanitasi penyediaan makanan  dan tahun ini kita sempat mengadakan kuliah lapangan ke Rumah Makan Brebes, Peternakan Sapi, Pabrik Tahu, dan Kebun Starwberry.. Ini beneran jalan-jalan lho.. hehe

Pokonya masih banyak hal lain yang menarik di TL, seperti yang disebutkan di postingan sebelumnya TL itu kebanyakan para cewek-cewek yang masuk TL, padahal dunia kerjanya cowok abis deh.. Nah Insya Allah semester ini saya mau Kerja Praktek, ada yang nawarin di Pertamina.. kebayang nggak sih lho kerja di Perminyakan gimana????

Yuk masuk TL yok !!

23 thoughts on “Environmental Engineering (2)

  1. bbbwwweeeehhhhh,,,,,semangat anak TL…
    lam kenal yah,,aku andi anak TL dr Un malahayati Bndar Lmpung.
    jangan kapok ma yang namanya mata kuliah mikrobiologi….waahahahaha yang isinya tentang bakteri yg sama sekali ga kita kenal……

  2. emang iya mbak ?? wah . brrti kmren temenkku salah info .
    terima kasih buat infonya mbak .
    eh iya , mbaknya ada fb ?? biar komunikasinya lebih gmpang . kalo dari sini aku rada gak mudeng . hehe . :p .
    maklum gak punya blog soalnya .😀 .
    temenku juga ada yang mau ftsl juga pengen kenal lebih jauh sama mbaknya . biar bisa berbagi pengalaman gitu . hehe .🙂 .
    makasi .

  3. iya mbak . makasih banyak buat infonya .
    ibu juga bilang . TL itu kerja di lapangan dn rata2 emg kerjaan buat cowok . takutnya ibu , sya ndak kuat . gitu .
    ya nanti sya coba ngomong lgi ke ibu .
    sya domisili di surabaya mbak . ckup jauh jga dari bndung . ya maklum si kalo ibu kuga rada khawatir kalo anaknya kuliah di luar kota . apalagi jaraknya lumayan jauh . hehehe . :p .
    kalo mbak pernah tau sman 2 surabya itu sekolah sya . dulu sekolahnya ahmad dhani sya maia estianti . hehe . :p .
    gak penting ya ?? maap maap .🙂 .

  4. assalamu’alaikum mbak .
    kenalan dulu . aku aurinda bisa dipanggil arin aja .
    critanya mbak sangat menginspirasiku . aku juga pengen bget msuk TL thun depan . tpi msalahnya ada di ibuku . ibuku sih setuju aja . cuman agak ragu dan kayak gak rela nglepasin gara gara ibuku belum ngerti jelas TL itu apa dan bagaimana prospek ke depannya ??

    sekalian di sini aku juga mau tanya ke mbak . tentang pertnyaan ibuku itu .
    trutama yg maslah prospek ke depannya .
    trima kasih .🙂 .

    • Wa’alaykumsalam wr wb

      Iya salam kenal juga, Ayo masuk TL. Kalo bicara prospek sebenarnya tak terhitung. Alumni TL bisa masuk ke mana aja mulai dari pemerintahan sampai wirausaha mandiri sebagai konsultan. Contoh yang menggiurkan, kita bisa masuk berbagai macam perusahaan, bisa perminyakan, pertambangan, rumah sakit, pabrik makanan, berbagai macam pabrik kimia, perusahaan minuman, PDAM, dan masih banyak lagi. Mau ke freeport, pertamina, chevron, atau total E&P, PAM Lyonaise, Unilever, Jababeka, PDAM,astra Honda, perusahaan Konstruksi, dll insyaAllah bisa? Spesifikasi ilmu tl masuk dimana pun kok. Udara, air, limbah, sampah, banyak kan? Dan isu2 sekarang yg sedang menguasai adalah Lingkungan kan?selain teknologi informasi..
      Yg pasti rezeki itu Allah yang ngasi, sekeren apapun jurusan yang kita masuki, yang kata Orang prospek ke depannya bagus, tetap aja kalo Allah ga ngasi ya susah juga kan.
      Gitu sayang, semangat yha. SMA mana ni?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s