Lindane


Lindane  biasa dikenal sebagai gamma-hexachlorocyclohexane, (γ-HCH), gammaaxene, gammallin, dan lebih sering dikenal sebgai benzene hexachlorida (BHC). Lindane merupakan senyawa kimia organoklorin yang merupakan varian dari hexechlorocyclohexane yang keduanya digunakan sebagai insektisida pada pertanian dan pengobatan pada penyakit skabies dan kutu kepala.

World Health organization (WHO) mengklasifikasikan lindan sebagai “Moderately Hazardous” dan dalam perdagangan internasional dibatasi dan diregulasi dibawah Konvensi Rotterdam.  Pada tahun 2009 produksi dan penggunaan lindan dalam pertanian di larang di bawah Konvensi Stockholm dalam polutan organik persisten. Namun penggunaan pada pengobatan untuk penyakit skabies dan kutu kepala tetap diperbolehkan.

  • Penampilan: Lindane adalah senyawa kristal tak berwarna.
  • Chemical Name: gamma-1 ,2,3,4,5,6-hexachlorocyclohexane.
  • CAS Number: 58-89-9.
  • Molecular Weight: 290,85.
  • Air Kelarutan: 7,3 mg / L @ 25 ° C.
  • Kelarutan dalam Pelarut lain: v.s. dalam aseton, benzene, dan etanol.
  • Melting Point: Kira-kira 113 ° C.
  • Vapor Pressure: 5.6 mPa @ 20 ° C.
  • Partition Coefficient: Not Available.
  • Adsorption Coefficient: 1100.
  • Nama lain dari Lindane : 00359 (CA DPR Chem Code) , 009001 (US EPA PC Code) , 050 (PDP Code) , 359 (CA DPR Chem Code) , 58-89-9 (CAS Number) , 58899 , 58899 (CAS Number) , Benhexachlor , BHC, gamma isomer , Exagama , Forlin , Gallouama , Gamaphex , Gamma isomer of benzene hexachloride from lindane , Gamma-1,2,3,4,5,6 hexachlorocyclohexane , gamma-BHC , Gamma-BHC from lindane , Gamma-HCH , gamma-Hexachlorocyclohexane , gamma Hexachlorocyclohexane(HCH or Lindane) , Gammex , Hexachlorocyclohexane, gamma- , Inexit , Isotox , Lindafor , Lindagam , Lindagrain , Lindagranox , Lindalo , Lindamul , Lindan , Lindane , Lindane ( Gamma isomer of benzene hexachloride ) (99% pure gamma isomer required) , Lindane (BHC gamma) , Lindane (BHC gamma) , Lindane (gamma – HCH) , lindane (gamma-bhc) , Lindane (gamma-HCH) , Lindane and other hexachlorocyclohexane isomers , Lindane [Cyclohexane, 1,2,3,4,5,6-hexachloro-,(1.alpha.,2.alpha.,3.beta.,4.alpha.,5.alpha.,6.beta.)-] , Lindano , Lindapoudre , Lindaterra , Novigan , Silvanol , -Hexachlorocyclohexane (under Lindane and Other Hexachlorocyclohexane
  • Lindan memiliki struktur molekul seperti ditunjukkan pada gambar 1.

 Sumber: Universitas Oregon dan Organisasi Kesehatan Dunia

  • Penggunaan lindane

Pengobatan dengan menggunakan lindan, masih tetap digunakan di US, meskipun sejak tahun 1995 lindan digunakan sebagai pengobatan alternatif. Pada bulan Desember 2007, FDA mengirimkan surat peringatan terhadap Morton Grove Pharmaceutical, yang merupakan industri tunggal yang memproduksi lindan di US, meminta perusahaan tersebut  mengoreksi informasi yang keliru mengenai lindan dalam sebuah website. Surat tersebut menyebutkan, sebagian dari material tidak benar , mereka mengabaikan informasi resiko paling penting dan serius yang berhubungan dengan penggunaan lindan pada sampo, terutama untuk anak-anak, termasuk penggunaan dosis yang tidak benar dan terlalu berlebihan pada kemanjuran dari sampo tersebut.

Negara bagian California pun melarang industri farmasi menggunakan lindan, baru berjalan efektif pada tahun 2002, dan Michigan House of Representatives menghentikan pembayaran pada tahun 2009 untuk melarang lindane digunakan praktek dokter. Beberapa studi pun dilakukan, dan menunjukkan bahwa limbah yang terkontaminasi lindane menurun dan penurunan ini secara dramatis dilaporkan ke Pusat Kontrol Racun/Paparan (Poison Control Centers). Penulis menyimpulkan bahwa “ Pengalaman California dalam menghilangkan produksi farmasi dengan lindan menghasilkan keuntungan terhadap lingkungan, dihubungkan dengan suatu reduksi dalam sebuah  laporan bahwa paparan lindan tidak  merugikan jika digunakan pengobatan skabies dan kutu kepala”.

  • Efek Kesehatan

EPA dan WHO keduanya mengaklasifikasikan lindane sebagai “moderately acutely toxic”. Lindane memiliki LD50 dengan portal of entri melalui oral 88-190 mg / kg berat badan tikus, 100-127 mg / kg pada kelinci percobaan, dan 200 mg / kg pada kelinci dan portal of entri kulit sekitar 500 to 1000 mg/kg pada tikus uji, 300 mg/kg pada tikus putih, 400 mg/kg pada guinea pigs, dan 300 mg/kg pada kelinci. Semua efek yang merugikan  terhadap kesehatan manusia yang berasal dari lindane berhubungan dengan penggunaannya dalam pertanian dan paparan kronis penyakit jabatan dari petani.

Efek dari paparan akut yang tinggi meliputi rangsangan sistem saraf pusat (biasanya berkembang dalam waktu 1 jam), gangguan mental /motorik, eksitasi, kejang-kejang clonic (berselang) dan tonik (kontinu), meningkatnya laju pernapasan dan / atau kegagalan, edema paru, dan dermatitis. Gejala lain pada manusia seperti kehilangan keseimbangan, kertak gigi, dan hyper-irritability . Lindan tidak menunjukkan pengaruh sistem kekebalan tubuh manusia dan tidak terlalu menimbulkan genotoksik. Paparan ketika dalam kandungan biasanya ditimbulkan oleh  β-HCH, salah satu isomer dari lindane dan produksi sampingan, berpengaruh pada perubahan hormon tiroid dan dapat berpengaruh terhadap perkembangan otak.

Pekerja mungkin terpapar produk melalui penyerapan kulit dan melalui inhalasi jika ditangani secara tidak benar. Lotion (10%) diterapkan untuk kudis yang telah mengakibatkan keracunan parah di beberapa anak-anak dan bayi. Hal ini dilaporkan bahwa dari 120 mg / kg lindan yang digunakan menghambat kemampuan sel-sel darah putih untuk menyerang dan membunuh bakteri asing dalam darah tikus, dan 60 mg / kg menghambat pembentukan antibodi serum albumin manusia. Tidak jelas apakah efek ini hanyalah sementara, atau untuk berapa lama mungkin akan berlangsung.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s