Lidah untuk Apa?


Lidah bukan sekedar tak bertulang. Lebih jauh dapat mengantarkan seseorang dekat kepada ALlah atau jauh dari-NYa. Bahkan dapat membawa pemilik lidah masuk ke neraka atau ke syurga. Mari mulai memberikan perhatian lebih pada lidah untuk apa saja digunakan.

Kadang seseorang mengucapkan kata-kata tanpa dipikirkan dan tanpa dipertimbangkan sebelumnya, sehingga menimbulkan kerugian dan penyesalan.

“Sesungguhnya seorang hamba benar-benar mengucapkan kata-kata tanpa dipikirkan yang menyebabkan dia tergelincir ke dalam neraka yang jaraknya lebih jauh dari timur dan barat” (Muttafaq’alaih)

Manusia hendaknya hanya mengucapkan sesuatu yang bermanfaat, karena ucapan yang mubah dapat mengarah kepada hal makruh dan haram.

“Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah dia berbicara baik atau diam” (Muttafaq’alaih)

Bila seseorang telah mengerti bahwa ia akan dihisab dan dibalas atas segala ucapan lidahnya, maka dia akan tahu bahaya kata-kata yang diucapkan lidah, dan diapun akan mempertimbangkan dengan matang sebelum lidahnya dipergunakan.

Allah berfirman ” “Tidak ada satu ucapan pun yang diucapkan, kecuali didekatnya ada malaikat Raqib dan Atid” (QS Qaaf : 18)

Lidah memiliki kesempatan yang sangat luas untuk taat kepada Allah dan berdzikir kepadanya. Tetapi juga memungkinkan untuk digunakan dalam kemaslahatan dan berbicara berlebihan.

Seyogyanya senantiasa mengendalikan lidah untuk berdzikir dan taat kepada Allah, sehingga bisa meninggikan derajat kita. Sebaiknya banyak berbicara tanpa dzikir kepada Allah akan mengeraskan hati dan menjauhkan diri dari Allah swt.

Semoga tulisan ini bisa menjadi pengingat kita untuk senantiasa menajga lidah kita.. Amin.. ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s