Italian Supreme Cake Tiramisu


Dari namanya nampak wah.. tapi ternyata rasanya sangat wah biasa aja sih.. hehe.. mau coba? Ini saya coba pas ada kumpul MSDA (Manajemen Sumber Daya Anggota) Gamais ITB 2009. Kebetulan kemarennya koordinator akhwat MSDA 09 millad, jadi kita bikinin kue deh.. Sebenarnya ini baru pertama kali bikin resep ini, biasanya bikin bolu atau brownies atau blackforest. Sebenarnya emang mudah sih, yang nggak bisa masak pun tetep bisa bikin ni kue.. Soalnya resepnya tinggal bikin aja, tinggal beli bahan kue instan tambah telor sama margarin.

Let’s check it out !

Bahan :

  • Pondan tepung kue Tiramisu 1 kotak
  • Telur 4 butir
  • Margarin 100gr
  • Air dingin 200ml
  • Susu bubuk full cream atau instan (sebagai tambahan)

Cara membuat :

  • Baca bagian belakang kotaknya.. hehe
  • Panaskan oven dengan menggunakan api sednag (140oC). Kalo pake microwave tinggal diset aja suhunya, tapi kalo pake oven kompor biasa harus ditunggu sampai benar-benar panas.
  • Terus siapkan wadah yang lumayan besar untuk mengocok telur. Kocok ± 2 menit sampai mengembang dengan kecepatan sedang (kalo di mixer, pake yang kedua aja).
  • Sambil mengocok, panaskan margarin hingga mencair (jangan sampai mendidih), kemudian tiriskan tapi jangan sampai membeku lagi.. ^^
  • Masukkan tepung kue Sponge vanilla dan susu bubuk (sesuai selera) kedalam kocokan telur kemudian kocok dengan kecepatan tinggi selama 6-7 menit. Jangan terlalu lama dan terlalu sebentar ya…
  • Masukkan margarin yang telah dicairkan ke dalam adonan, terus aduk sampai rata.
  • Olesi loyang kue dengan ukuran 20 cm dengan margarin.
  • Masukkan adonan kue ke dalam loyang hingga semua bagian terisi.
  • Panggang dalam oven selama 40-45 menit. Kalo udah mau nyampe 40 menitan langsung dicek aja udah mateng atau belum. Apalagi pake oven kompor, kali aja apinya ternyata terlalu besar.
  • Sambil nunggu kue dipanggang. Kocok bubuk tiramisu Mousse dengan 200ml air es selama 6-7 menit pada kecepatan tinggi sampai mengental, terus masukkan ke kulkas.
  • Kalo kue udah mateng langsung angkat, terus biarkan hingga dingin. Setelah dingin kuliti bagian kulitnya, agar mousse bisa menempel.
  • Potong kue menjadi tiga lapis dengan sama tinggi.
  • Campur bubuk kopi instan dengan setengah gelas air panas, aduk sebentar sampai larut lalu dinginkan.
  • Olesi setiap bagian lapis kue dengan air kopi tersebut sampai merata.
  • Tutup lapisan kue terbawah yang telah diolesi kopi dengan mousse hingga merata dengan ketebalan 1-2 cm.
  • Olesi lapisan kedua dengan kopi dan tutup kembali dengan mousse hingga lapisan kue teratas.
  • Oleskan mousse dibagian pinggirnya hingga merata.
  • Terakhir untuk mempercantik dan kalo mousse masih bersisa, hiasi lapisan kue teratas dengan menggunakan alat penghias kue.
  • Setelah itu taburkan bubuk coklat ke bagian atas mousse pada kue ketiga dengan menggunakan saringan.
  • Masukkan sebentar dalam kulkas..
  • Hidangkan deh……………

Selamat menikmati.. ^^

Fotonya, nyusul di upload yhaa,…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s