Me Vs Stress


🙂..Di setiap bagian dari kehidupan Anda pasti akan ditemui sisi yang gelap. Tak ada yang  lain bagi Anda untuk menanggulanginya, kecuali dengan menyalakan pelita dalam diri Anda sendiri..🙂

Tidak terasa lima bulan akhirnya telah terlewati..

Perlahan , tapi pasti..

Alhamdulillah segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, yang telah memberikan nikmat bagiku di usia yang tak lagi muda. (hehe) Anda pernah mengalami tekanan yang berat? Bukan tekanan akibat benda berat, tapi akibat beban psikis yang berat. Tapi sepertinya setiap orang pasti mengalami masa-masa dimana semua serba sulit dan menekan. Dunia psikologi mengatakan bahwa itu dinamakan stress. Kondisi dimana segala sesuatu begitu menyiksa (lebay sih). Tapi Subhanallah, ternyata Allah membuat skenario yang sangat pas buat hamba-hambanya, dan hal ini akan terasa bagi kita yang mencoba untuk mendalami maksud skenario Allahh terhadap diri kita. Terlebih lagi kalau kita dapat mencari hikmah yang tersembunyi dari perjalanan hidup kita.

Mengapa orang stress?

Itu karena terlalu banyak yang dipikirkan sedangkan dirinya tak kuasa untuk menyelesaikan semuanya. Sebenarnya semua itu adalah pilihan bagi setiap orang, langkah apa yang harus kita tempuh. Nah pilihan mana yang kita pilih? itulah yang akan menentukan hidup kita . Nah, saat-saat menentukan pilihan itulah, stress ini melanda.

“ Rembulan tertawa dan bintang-bintang bersorak sorai, lalu mengapa kita biarkan kesedihan mebunuh dan mencekik kita?”

Nah terus apa sih tanda-tanda stress itu?

Menurut pengalaman saya, tanda-tanda stress itu contohnya  berkurangnya nafsu makan, suka ngerasa mual-mual, tidur tidak nyenyak (kebanyakan tidur salah, kurang juga makin salah), kalo banyak mikir jadi pusing/migrain , terus kadang suka demam malamnya, siangnya normal lagi, nampak letih dan lesu (karena kurang makan), yang lebih parah adalah saya terkena hipoglikemia. Tanda-tanda diatas benar adanya, sudah di sahkan oleh dokter lho (sampai saya ditertawakan oleh dokter L). Maka amatilah diri Anda sekarang? Adakah yang mengganggu pikiran Anda?

Lalu gimana kita bisa bangkit dari stress itu?

  • Pedekate sama Allah, sedeket-deketnya,(ibaratkan prangko sama surat.. hehe) itulah yang menyebabkan bagaimana para sahabat zaman dulu sangat stabil dalam emosinya, karena pendekatan mereka sangat-sangat luar biasa terhadap Sang Pembolak-balik hati.. Perbanyak tilawah, shalat malam dilakukan, begitu pula yang wajib lebih dikhusyukan lagi… Ibadah yang kenceng..
  • Pahamilah bahwa ‘ Tiap orang pasti memiliki masalah, dan percaya diri saja bahwa masalah kita bukanlah masalah yang paling berat’.. Mungkin yang lain punya masalah yang lebih berat dari kita..
  • Tersenyumlah, karena senyuman itu bagaikan bagian dari cahaya matahari. Pokoknya  sepusing, sebete, sekesal apapun diri Anda usahakan senyum.. J
  • Makan makanan yang bergizi, kata dokter saya bilangnya “makan madu tiap hari”.. Jangan menunda untuk makan (sarapan jadi makan siang, makan siang jadi makan malam).. Walaupun kenyataannya kalau sedang stress berasa kenyang terus, padahal tubuh meraung-raung minta diurus…
  • Banyak olahraga, bisa membantu, terutama Yoga. Hem, mantap deh !
  • Banyak2 tafakur alam, menyendiri (jalan-jalan ke gunung, sawah, lautan, tempat-tempat yang menyejukkan.. Saya pernah pergi ke suatu tempat di daerah Puncak, niatnya buat menghibur diri, sampai mas’ul saya shock, karena saya pergi nggak bilang-bilang.. hehe.. Yang ini jangan diikuti, kalau memang Anda merasa demikian komunikasikan dengan pihak-pihak terkait), dan coba berhenti sejenak dari aktivitas yang membuat Anda stress. Alhamdulillah cara ini lumayan mengendurkan syaraf-syaraf otak..

“Apabila semua jalan terasa buntu oleh Anda, maka pikirkanlah janji yang ada di dalam Alam Nasyrah (Al-Insyirah)”

Terakhir,

Tanyakanlah pada hati kita yang paling dalam , ‘Sudahkah kita mendekat sama Yang Maha Kuasa dengan sebenar-benarnya ? Atau sudahkah kita hayati setiap do’a yang kita lantunkan setiap hari saat kita sholat? Atau sudahkah kita menunaikan kewajiban kita padaNya dan pada sesama makhlukNya?

coba renungkanlah Surat Al FAtihah (temukanlah sesuatu disana? )

jika sudah, bismillah..maka Anda akan terbebas dari STRESS🙂

Esok pasti kan ku jelang cahya hati..

Agar Hidup ini selalu terwarnai…

2 thoughts on “Me Vs Stress

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s