Sleeping Beauty


Pernah dengar istilah CFS (Chronic Fatigue Syndrome), atau rasa lelah yang berkepanjangan? Anda termasuk salah satu penderitanya? Kalau nggak telmi dalam menghitung, mengenali pola, berpikir logis, atau mengambil keputusan. Lucunya, salah sattu penyebab CFS justru saat Anda tidur. Nah, ini saya dapatkan di majalah Chic. Semoga bermanfaat…. :=3

Setiap manusia membutuhkan istirahat agar tubuh dan pikiran segar dan dapat beraktivitas lagi. Selama ini seseorang dianggap cukup beristirahat kalau tidur 7-8 jam? Bener gitu? Kalo sekarang pola tidurnya sudah bergeser, dan lama tidur tidka lagi menajdi patokan. Walau hanya terlelap selama empat jam, seseorang bangun dengan tubuh dan pikiran segar bila memiliki kualitas tidur yang baik. Mau tahu tipsnya? Let’s check it out :

  1. Para peneliti masalah tidur hanya mengenal dua fungsi kamar tidur, yaitu untuk having romance dan untuk tidur tentunya. Bila digunakan untuk keperluan lain, mental Anda tak segera terasosiasi dengan istirahat saat memasuki kamar tidur. So, jangan sekali-sekali menyatukan ruang tidur dengan ruang kerja atau belajar.
  2. Kamar tidur untuk istirahat. Tata ruang sesuai dengan tujuannya. Jangan menggunakan ornamen interior berwarna ramai. Agar Anda tidak terganggu dengan pikiran ‘sudah lewat tengah malam tapi belum bisa tidur juga’, gantung jam dinding berlawanan dengan arah pandangan Anda.
  3. Bila Anda belum bisa tidur, jangan berlama-lama berbaring di atas ranjang. Lebih baik Anda keluar dan melakukan aktivitas kecil di ruang lainnya. Ini agar Anda terhindar dari ‘here we go again, try to sleep but not sleep at all’.
  4. Usahakan waktu tidur teratur, karena jam tidur yang tidak teratur, akan mengganggu jam sistem bilogis Anda. Selain itu, setelat apapun Anda berangkat tidur, jangan menggantinya dengan bangun agak siang. Pada awalnya memang agak susah, tapi kalau kita disiplin, tubuh dan pikiran kita akan terbiasa dengan pola tidur bangun.
  5. Jam biologis manusia menandai siang dan malam. Tubuh kita membutuhkan cahaya matahari setiap hari, dan yang paling baik adalah saat pagi hari. Luangkan waktu sekitar 30 menit sampai satu jam untuk berjemur.
  6. Hindari tidur siang terlalu lama. Biasanya tidur siang hanay memulihkan kelelahan sesaat, tapi malamnya membuat kita melek lebih lama. Tentunya hal tersebut membuat pola tidur bangun kita terganggu. Tisur yang baik itu, sebelum adzan zuhur, 30 menit juga cukup kok. Jangan tidur setelah salat shubuh dan shalat ashar, karena tidak baik untuk kesehatan, Rasulullah saw pun melarang kita tidur di waktu-waktu tersebut.
  7. Jangan mengonsumsi minuman atau makan ber-caffein atau zat stimulan lainnya setelah makan siang. Caffein yang terdapat pada kopi atau teh dan zat stimulan pada minuman ringan dan cokelat, dapat menyebabkan pola tidur terganggu.
  8. Dua jam sebelum jam tidur, jangan makan makanan berat. Ini membuat perut Anda tidak enak dan susah untuk berbaring dan terlelap tidur.
  9. Jangan melakukan aktivitas yang mebuat Anda excited. Kendurkan pikiran dan mental Anda. Siapkan diri untuk tidur, perjalanan masih panjang, and have a good, sound, sleep.
  10. Terakhir sebelum tidur berwudhu terlebih dahulu, bersih-bersih badan. Jangan lupa berdoa sebelum tidur..

BODY ALARM

Dengan ini Anda bisa mengatur kapan Anda terlelap dan terbangun. Tidak peduli baru berapa menitpun Anda tertidur.. Here we go…

  • Matikan lampu kamar. Rebahkan tubuh selurus mungkin dan letakkan tangan di samping badan.
  • Pejamkan mata, tarik nafas sedalam-dalamnya, lalu tahan. Saat menahan nafas, yakinkan diri bahwa Anda akan segera tertidur dan bangun pukul …… (ucapkan dalam hati). Kemudian keluarkan nafas perlahan. Ulangi 3 kali.🙂
  • Rasakan setiap denyut tubuh Anda, dari ujung kepala sampai ujung kaki. Rileks kan otot-otot mata yang tegang. Tenang. Nikmati nafas teratur Anda.
  • Oyasuminasai…🙂
  • jangan lupa berdoa yha..

2 thoughts on “Sleeping Beauty

  1. Ribet amat mau tidur aja, btw majalah chic tu majalah apaan? kok ada tips nya berwudhu dan berdoa juga?

    – tambahan mungkin : jangan sampai anda terbangun tak direncanakan ditengah2 tidur, karena kalo kita masih dalam tahap tidur 4 akan sangat mengganggu kualitas tidur kita. lebih baik dijadwalkan, misal jam 3.45 buat sholat malam…lama2 kita akan beradaptasi

    • Oh majalah chic itu majalah eksmud atau worker, kalo ada islami2nya saya yang tambahin mas/mbak..
      Thanks buat tambahannya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s