Bulan penuh Berkah


“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa” (QS. Al-Baqarah : 183)

Betapa kita sangat responsif dalam menghadapi bulan ramdhan. Kita sering disibukkan untuk membeli barang-barang dengan tujun untuk menyambut bulan Ramadhan. Kita dianjurkan untuk memperbanyak ibadah kita pada bulan ramdhan karena Allah menjanjikan pahala berlipat tidak seperti bulan yang lainnya. Keinginan mendapatkan pahala yang berlipat tentu tidak mudah untuk mendapatkannya, karena kita harusmelawan hawa nafsu kita yang sangat besar gejolaknya.

Marilah kita instrospeksi bersama tentang prestasi ibadah shaum kita pada bulan Ramadhan sebelumnya, apakah kita akan sama dengan bulan Ramadhan sebelumnya tentu saja kita inign lebih baikdari sebelumnya. Dengan demikian marlilah kita konsentrasikan hati kita unutk berserah kepada Allah dalam rangka menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya,

Kita mungkin akan sangat bahagia jika prestasi kita lebih baik namun sebaliknya jika prestasi kita sama atau menurun dari bulan sebelumnya betapa ruginya kita dalam memanfaatkannya, karena Allah hanya memberikan satu bulan yang didalamnya berlimpahnya ampunan dan keberkahan.

Di bulan Ramadhan Alllah telah menjanjikan tiga hal yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh sorang Muslim yaitu : bulan yang penuh berkah, bulan yang penuh ampunan, dan bulan dimana akan dijauhkannya kita dari api neraka. Seorang Muslim yang melaksanakan shaum akan dikabulkan oleh Allah, karena ada tiga hal yang tidak akan ditolak doanya yaitu : pemimpin yang adil orang yang didzalimi, dan orang yang melaksanakan shaum.

Kita haruslah rindu dengan datangnya bulan yang dimuliakan Allah, sehingga kita pun dipacu untuk produktif dalam beribadah. Hal tersebut tidak akan bertemu kembali dengan bulan Ramadhan kecuali kita diberikan umur dan dipertemukan kembali pada bulan Ramadhan. Maka sepantasnyalah kita bersungguh-sungguh dalam mengisinya.

Di dalam Al-Quran dijelaskan bahwa kita akan mencapai derajat taqwa jika kita melaksanakan ibadah shaum khususnya dan ibadah lainnya pada umummnya dengan persiapan yang matang dan mengisinya dengan amalan-amalan yang sudah di contohkan oleh Rasulullaha SAW. Wallahu a’lam.

taken from : ManajemenQolbu.Com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s