Kata SMS


Komunikasi merupakan hal yang tidak mungkin kita tinggalkan dalam kehidupan ini. Berbagai macam metode komunikasi pun kian lama kian banyak bermunculan, dari awal zaman dulu kala dengan adanya kurir, merpati pos, telpon kabel sampe nirkabel, hp, YM, Fb, dan lain-lain. Semua diterbitkan hanya untuk memudahkan kita berkomunikasi dengna orang-orang terdekat kita. Bahkan untuk mencari rekan bisnis dan melebarkan jaringan.

Tapi, semua teknologi yang ada kini, tidak atau belum mampu mengungkapkan rasa. Karena memang tidak mungkin juga, yang dikirim dengan teknologi hanya basis-basis data saja. Dalam berkomunikasi melalui teknologi pun mungkin ada seni tersendiri agar sang receiver pesan tidak salah tafsir. Dan seharusnya setiap orang memahami seni ini. (Seni gimana coba?)

Nah, saya ingin bercerita mengenai pengalaman saya berkomunikasi melalui HP, lebih spesifik melalui sms. Seperti judul tulisan ini. Entah mengapa, ada beberapa orang yang tidak suka (mungkin tidak biasa lebih tepatnya), jika kita mengirim pesan menggunakan kata-kata formal (baku). Ya, mungkin terkesan “dingin”. Padahal mungkin saja sang sender pesan mengirimnya dengan maksud lebih sopan dan hormat. Tapi ternyata, orang yang menerima pesan tersebut berpendapat bahwa kalimat tersebut “dingin”.

“Oh, ya sudah tidak apa-apa.” Jika kita lihat, kalimat ini, apakah ada yang salah? Menurut saya tidak. Bagaimana menurut Anda, jika Anda mendapatkan sms tersebut? Dingin? Formal? Baku? Tidak akrab?

Yah, mungkin rasa setiap orang dalam membaca kalimat tersebut akan berbeda-beda. Ada yang menganggap biasa, standar, formal, bahkan ada yang merasa dingin atau lebih parah sinis (ketus). Rasa dalam menafsirkan sebuah kalimat dalam sms itu bergantung dari kondisi sang receiver dan sender. Tapi dalam hal ini, kondisi sang penerima sms lebih penting. Karena segimanapun kita (sender) mengirim sms baik-baik saja, dan dalam kondisi tidak emosi atau bad mood, tapi yang menangkap sms tersebut kan penerima.

Hanya saja, saya rasa, pentingnya sikap kita untuk mengondisikan jenis kalimat sms kepada setiap orang. Karena tipe orang itu beda-beda kawan. Ada yang toleransi terhadap sms ada pula yang semi formal, bahkan ada yang sangat formal. Pokoknya pintar2 mebaca sms sesuai tipe orang.

Kalo Anda marah bilang saja marah, karena ada juga lho tipe orang yang cuek pas kita marah, eh giliran kita nggak marah di bilang marah. Aneh memang. Tapi begitulah mars dan venus.. hoho apa sih..

2 thoughts on “Kata SMS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s