Rambutmu Cuma ada di Kepalamu


Hai, cantik, kembali lagi bersama blog curhatisme, di https://callmecrysant.wordpress.com. Berasa lagi siaran di radio… Haha.. Ya sobat muda yang cantik nan sholeha, saya ingin berbagi ilmu tentang perawatan rambut yang biasanya nih jadi masalah bagi para wanita berjilbab apalagi yang baru pake jilbab. Insya Allah, semoga membantu. Yang pasti bukan pake Moonsilk hairfall Co-Creation, yang ada Experience-Creation, haha maksa abis, dan bukan Thomas Taw, yang ada Temans Tawa Ceria. Apa sih nggak penting pisan. Nggak perlu perawatan salon tiap bulan kok, yang bisa bikin kanker. Ini murah dan perlu pembiasaan yang teratur, dan yang pasti Cintailah produk Indonesia.

Nah, biasanya yang membuat rambut menjadi rontok nih dikarenakan terlalu sering disisir pas basah, kepanasan (kelamaan ditutup kerudung atau keseringan pake pengering rambut), seringnya diikat membuat rambut sulit untuk bernafas, sering ganti-ganti shampoo, dan bahkan akibat keramas yang tidak teratur. Untuk mengurangi agar rambut tidak terlalu rontok caranya hindari kebiasaan buruk di atas.

  1. Jangan menyisir rambut saat basah, karena ketika rambut basah, akar rambut tersebut mudah tercabut lho. Jadi setelah keramas, biarkan kering secara alami jangan pake pengering elektrik, jika ingin cepat kering pake kipas aja. Tapi tetep jangan sering menyisirnya.
  2. Jangan menutupi rambut dalam kondisi basah, biasanya ada juga cewek-cewek yang karena bangun telat, abis keramas, kuliah telat, langsung saja ditutup dengan jilbab. Jadi biarkan kering dulu yha, biar ga rontok dan bau apek. Setelah keramas, coba deh pake vitamin rambut atau hair tonic, sekarang udah dijual bebas di supermarket, kagak perlu ke salon-salon.
  3. Jangan ganti-ganti sampo, hari ini strawberry, besok melon, lusa wortel.. Emang jus, haha. Intinya gunakan sampo yang sesuai dengan kondisi rambut kamu yha. Jangan ganti-ganti.. Konsisten dong konsisten.. (wow, jadi inget zaman SMA ngomong konsisten2an..haha.. zaman labil.. zaman kuliah lebih labil lagi sih..)
  4. Nah, jangan terlalu sering mengikat rambut, biasakan ketika tidur untuk menggerai rambut, agar dia bernafas, dan jangan menutupinya, biarkan di udara terbuka. Tapi kalo ada acara nginep2 yang ampe jam11 malem baru selese, paling lepaskan ikatannya saja, tapi jangan sampai keluar-keluar jilbab juga.
  5. Ini yang paling penting, biasakan untuk mencuci rambut secara teratur. Coba kamu buktikan, kamu biasanya mencuci rambut setiap dua kali sehari. Tiba-tiba kamu ada kerjaan atau ada acara diluar kota (alias di kampung atau hutan terpencil) yang membuat kamu nggak bisa cuci rambut kamu. Coba cek, biasanya jumlah rambut yang rontok akan lebih banyak dari biasanya. Ya nggak? Nggak tahu juga sih, tapi kalo saya sih gitu. hehe.. Jadi cobalah untuk mencuci rambut secara teratur. Dulu pas zaman SMP guru biologi saya pernah bilang, jangan keseringan atau malah nggak teratur dalam mencuci rambut, karena produksi minyak yang akan dihasilkan oleh akar rambut pada kulit kepala akan berproduksi dengan tidak teratur pula. Jadinya, kalo keseringan keramas, biasanya rambut cepat berminyak ketika aturan jadwal keramas tidak dilakukan. Begitu juga kalo nyuci rambut kagak teratur.
  6. Yha.. ini sih, kalo kamu lagi kaya.. coba aja sekali-sekali  perawatan rambut di salon, creambath kek, Hair spa, dll..

Nah, begitu teman-teman.. ini berlaku bukan cuma buat yang rambutnya rontok, tapi buat semuanya.. Jadi berikan yang terbaik untuk rambutmu, sehat dan bersih. Kini rambut cuma ada di kepalamu.. hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s