Sup Ayam Jagung Manis


Seminggu setelah lebaran biasanya makanan di rumah semua sisa lebaran, bahkan si papa masih makan dendeng sapi yang dibuat pas lebaran. Pokoknya bosen deh, tukang sayur juga belum pada aktif berjualan. Alhasil, harus pergi ke pasar padahal harga-harga masih mahal. Maklum masih lebaran, yang jualan belum pada balik semua, jadinya di monopoli hanya oleh beberapa penjual, jadi aja mahal. Tapi itu bukan masalah, yang penting aku menemukan sayuran dengan harga 20% lebih mahal dari biasanya. Beli wortel, buncis, kangkung, bawang daun,jagung, sama daging ayam.

Nah, sebenarnya awalnya disuruh beli daging ayam buat dibikin ayam goreng. Tapi itu sangat membosankan. Jadi aku bikin sup ayam. Nah kali ini agak berbeda dari biasanya, sup ayam jagung manis. Terinspirasi dari film briliant legacy, sup ayamnya nampak enak, tapi yang di film itu pake jamur merang. Cuma karena aku nggak suka jadi pake jagung, lagian si jamurnya juga nggak ada di pasar pas belanja.

Bahan-bahannya bisa dilihat di foto di bawah ini. Iseng banget yha, niat mau masukin blog.

CGimana cara bikinnya ?
Isian sayuran :

  • Bersihkan sayuran (jagung, buncis, wortel, daun bawang)
  • Bersihkan ayam, rebus hingga matang (biar berasa boleh pake garam sedikit)
  • Ambil ayam dan kuliti dari tulangnya terus pisahkan bagian kulit, tulang, dan daging.
  • Dagingnya dipotong sesuai selera Anda, jika Anda mau boleh menambahkan kulit ayam tersebut pada sup.
  • Bersihkan kulit wortel lalu di iris dengan ketebalan 3mm (terserah sih), begitu pula buncis, daun bawang, dan jagung.

Bumbu :

Garam secukupnya, merica bulet secukupnya, bawang merah 3 siung, bawang putih 1 siung dihaluskan. Karena jumlahnya cuma dikit jadi pake alat tradisional aja make ulekan. Bahkan lebih enak lho dibanding pake blender, asli deh. Setelah dihaluskan digoreng hingga agak kekuningan dna wanginya kemana-mana.

Proses Memasak :

  • Panaskan air (bisa ditambahin kaldu bekas ngerebus daging kok) jumlahnya terserah Anda, hingga mendidih.
  • Masukkan wortel, buncis, dan jagung saat air mendidih. Biar warna supnya nggak keruh, kata kakak sih..
  • Kemudian tambah garam sedikit.
  • Masukkan daging yang udah dipotong-potong dan bumbu.
  • Biarkan hingga semua matang.
  • Rasakan ada yang kurang nggak bumbunya, atur-atur lah sesuai selera.
  • Sajikan.

Rasanya, gurih, manis jagungnya enak, dagingnya empuk, yang pasti senang sekali makan sayuran setelah lama hanya membuat mie instan. Haha.. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s