Tentang Kebahagiaan


..Cinta kasih yang sejati adalah menjaga kondisi batin kita dengan sebaik-baiknya..

Abraham Lincoln mengatakan, ” Sebagian besar orang hampir sebahagia yang mereka pikirkan.” Kebahagiaan ditentukan oleh cara kita bereaksi terhadap apa yang terjadi. Lovy, kehilangan pekerjaannya. Dia memutuskan bahwa ia punya kesempatan memperoleh pengalaman kerja baru, menggali kemungkinan baru, dan melatih kemandiriannya di tempat kerja. Dalam situasi yang sama, Levy, sang kakak mungkin saja bunuh diri dengan apa yang telah dialaminya.

Kenyataannya memang kitalah yang memutuskan bagaimana bereaksi dalam menyikapi persoalan hidup.Menjadi bahagia, bagaimanapun memang tidak mudah. Ini merupakan tantangan terbesar yang kita hadapi dan kadang-kadang menuntut seluruh tekad, ketekunan, dan disiplin yang harus kita kerahkan. Kedewasaan berarti bertanggungjawab atas kebahagiaan kita sendiri dan juga berarti memilih konsentrasi pada apa yang kita miliki bukan apa yang tidak kita miliki.

Kita harus membebaskan diri dari perangkap pikiran kita sendiri yang akan memenjarakan kita dalam kesedihan. Pikiran yang membuat sesuatu yang mudah menjadi rumit, sesuatu yang gampang menjadi susah, sesuatu yang tinggi menjadi rendah, sesuatu yang kaya menjadi miskin. Pikiran kita harus bebas dari semua perangkap itu. Ingat ! Pikiran itu ada untuk membantu hidup kita menjadi lebih baik, bukan malah menguasai dan memperbudak kita dalam kesengsaraan. Oleh karena itu, jika kita sudah terbiasa mengendalikan pikiran, bukan dikendalikan pikiran, yakinlah yang demikian itu adalah tiket untuk masuk ke pintu kebahagiaan.(Prama, 2006)

Kita mengendalikan kebahagiaan ketika kita menentukan apa yang kita pikirkan. Tidak seorang dapat menentukan isi benak kita. Agar bahagia, kita perlu berkonsentrasi pada pikiran yang membahagiakan.

“Kebahagiaan yang paling bahagia ialah panjang umur dalam ketaatan kepada Allah swt”

(HR Adhailani dan AlQodho’i)

i like this article !!! I got it from Mbak Indari Mastuti, “The Happy Me”

2 thoughts on “Tentang Kebahagiaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s