STP Lippo Karawaci


Lippo Karawaci adalah salah satu kawasan hunian yang ada di Tangerang. Kawasan ini telah memiliki Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) secara mandiri dengan sertifikasi ISO 9001. IPAL tersebut dikenal dengan Sanitation Treatment Plant (STP), biasanya dikenal dengan WWTP (Waste Water Treatment Plant). Sejarah pembangunan kawasan hunian ini bergabung dengn Gading Serpong, akan tetapi pada akhirnya berdiri secara mandiri mengelola kawasan tersebut.

Konsep pembangunan kawasan ini terdiri dari tiga hal, menurut Head Manager STP, Cornelia Retna, yaitu sebagai sarana sustainable city, kota yang berwawasan lingkungan, dan menurunkan beban lingkungan karena dampak pembangunan lahan.

Air yang diolah di berasal dari limbah domestik baik yellow water maupun grey water dan black water, juga berasal dari limbah komersil (kawasan bisnis) restoran dan toko atau perkantoran. Limbah tersebut dijadikan satu dan diolah secara bersamaan. Metode pengolahan yang dilakukan yaitu Extended Aeration (aerasi berlebih melalui suntikan udara dan pengadukan agar bercampur).

Sistem pengumpulan air limbah tersebut menggunakan dua metode yaitu secara gravitas (daerah tinggi) dan pemompaan (daerah landai). Air limbah dari customer connection akan memasuki holding tank. Kemudian akan dipompakan ke tangki aerasi, dalam tangki ini Oksigen diberikan sehingga aerobic bacteria akan tetap hidup dan mendegradasi air limbah tersebut. Effluen akan didisinfeksi, kemudian dialirkan ke danau buatan yang ada di daerah lapangan Golf dikawasan tersebut serta digunakan untuk keperluan penyiraman dan irigasi. Lumpur yang terbentuk akan diolah dengan metode sludge digester, setelah kering biasanya lumpur tersebut digunakan sebagai pupuk organik. Effluen yang terbentuk berada di bawah standar baku mutu Indonesia, PP no 82 tahun 2001.

Manfaat dari adanya STP ini yaitu :

  • Memperbaiki estetika lingkungan sehingga bisa meningkatkan nilai investasi.
  • Air dapat dimanfaatkan ulang
  • Air yang terolah digunakan sebagai cadangan air minum
  • meringankan beban pengolahan saran pengolahan air limbah kota
  • meningkatkan kesehatan masyarakat di kawasan
  • Mengamankan SDA dan mengurangi beban lingkungan akibat pengembangan kawasan.

Wow, salut deh sama Lippo Karawaci ini.. Penyediaan sarana infrastruktur sanitasi merupakan investasi jangka panjang, keuntungan yang diperoleh tidak single line tapi multilinear. Ehmm..

 Mantaplah.. * foto menyusul, kamera saya raib dari meja belajar…

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s