Just a little note


Pernah merasa jenuh dan ingin mundur? Pernah merasa dihimpit masalah yang bertubi-tubi? Setiap manusia pasti pernah merasakan hal tersebut. Hidup akan bermakna ketika kita terbentur dalam masalah. Hidup lebih hidup jika kita mendapatkan masalah. Karena untuk itulah hidup. Untuk menyelesaikan masalah. Akan sangat aneh, apabila kita hidup tanpa masalah. Karena kata orang, “tidak memiliki masalah, itulah masalah terbesar Anda”.

Lalu apa yang bisa kita dapatkan dari masalah? Jenuh? Sedih? Putus harapan? Marah? Kesal? Mungkin itulah sekelumit hal-hal yang timbul dari suatu masalah. Tapi setelah saya analisis dari semua masalah yang saya hadapi, saya menemukan berbagai hal tersembunyi dalam kehidupan saya. Entah itu sifat-sifat saya ataupun hal-hal lain yang tidak kita sadari sebelumnya. Semakin banyak masalah yang saya hadapi, saya semakin mengenal dan mengerti diri saya pribadi.

Akan tetapi hal ini bergantung dari point of view kita dalam menyikapi setiap masalah yang ada. Sebenarnya menurut saya, semua orang bisa menyelesaikan masalahnya sendiri jika kita mau. Tak sedikit pula orang yang menghindari masalah, bukan menyelesaikan masalah. Jadi, semua ditentukan dari Anda sendiri sebagai aktor.

Entah mengapa, dari semua pengalaman saya menyelesaikan masalah yang menghampiri. Saya jadi mengenal karakter saya sesungguhnya seperti apa. Contohnya, saya jadi tahu kalo saya tidak suka terhadap orang yang selalu berpikir simpel dan praktis dalam segala hal. Maklum, darah melankolis yang mengalir dalam tubuh saya, mengharuskan saya untuk berpikir dan menganalisis suatu masalah. Kemudian, saya pun  jadi mudah emosi ketika kelelahan berlebihan, dan banyak hal lainnya yang saya kenali dari diri saya karena masalah-masalah yang saya hadapi.

Terkadang memang sering kita mengutuki dan bersedih karena masalah. Akan tetapi hal itu disebabkan karena kita tidak berusah menyelesaikannya dengan tuntas dan cerdas. Masalah itu untuk diselesaikan bukan untuk ditangisi atau dimarahi. Masalah itu untuk dihadapi. Karena dengan masalah bisa membuat kita berpikir dewasa dan bijak.

Allah pun menyebutkan dalam ayat Al-Qur’an bahwa Allah tidak akan memberikan kesulitan melebihi dari kemampuan hambaNya. Jadi percaya saja bahwa ketika kita diberi masalah yang banyak, maka kita lebih baik dari orang yang memiliki masalah itu-itu saja. Jadi bersyukurlah untuk semua masalah yang Anda hadapi. Dan percayalah bawah dibalik semua masalah tersimpan berjuta kebaikan dan hikmah.

Let’s solve the problem, don’t be  avoided🙂

Leave a Reply

