Bertanya pada Dunia?


Banyak hal di dunia ini yang ingin aku tanyakan. Banyak sekali.. Terutama untuk hal-hal yang ada di sekeliling aku ini. Kenapa ini begini? Kenapa itu begitu? Apa maksud ini? Apa maksud itu???

Sampailah aku pada pertanyaan “Apa sih aktivis dakwah itu?” (yang baca blog gue, jawab loh.. Kalo ada yang tanya jawab dong.. :-p). Menurut aku, Aktivis Dakwah, “harusnya” (it’s mean that the real????) bisa jadi role model. Role model itu apa? Role model adalah seseorang yang dijadikan model acuan hidup. Istilahnya, semua gaya lo diikutin orang lain. Wuaaah.. Ok punya lah itu.. Tapi.. sssttt yang baik-baik tentunya yha.. ihiiiiy..

Role model yang tindakan, ucapan, senyuman, pola laku, cara makan, kebiasaan, lifestyle, dan sebagainya, begitulah seorang Aktivis dakwah. Walaupun tidak menutup kemungkinan, seorang aktivis dakwah melakukan kesalahan. Itu manusiawi, “kita memang manusia biasa, yang tak sempurna dan kadang salah”.

Hanya saja,menurut aku itu semua harus kita jaga. Sekalipun harus tertatih. Masak kita mau ngasi yang nggak baik kepada adik-adik kita dan orang-orang sekitar kita? Tidak mau kan seperti itu? Makanya, bagaimana cara memberikan contoh itu penting sekali. Kalo kita melakukan suatu kesalahan kecil saja, orang yang melihat kita akan melakukan hal yang sama. Dengan dalih ” ah, si kakak itu juga kayak gitu, berarti aku boleh dong”. Nah, lho.. Berabe urusannya. Mau jadi apa generasi apa anak-anakku kelak. Astaghfirullah. hehe

Intinya yha, jadi seorang aktivis dakwah dimanapun itu punya konsekuensi tersendiri ketika memutuskan menjadi bagian dari dakwah. Kita harus melakukan yang terbaik yang bisa kita lakukan. Kita harusnya meringankan masalah dakwah dan masalah umat, bukan malah menambah masalah dengan kelakuan kita. Menjadi seseorang bertitle aktivis berarti harus bisa menjadi role model keislaman yang memancarkan cahaya islam di masyarakat.

Ayo kawan, temukan arti title yang kau sandang saat ini ! Aku tahu, kita memang manusia. Tapi kita sudah memilih jalan ini. Maka buktikanlah bahwa kau memang seorang aktivis dakwah. Buktikan dengan ucapan, tindakan, dan hati yang semua berbuah keberkahan. Bangkitlah kawan, tinggalkan semua Illah yang meracunimu, karena Illah hanya satu, yaitu Allah. Perangi hawa nafsumu, kalahkan ia dengan ketaatan pada Rabbul ‘Izati. Berkorbanlah dengan penuh keikhlasan, karena Ikhlas adalah orientasi para pejuang dakwah. Karena ikhlas harga mati sebuah perjuangan.

1 Muharram 1432 H

Met Tahun Baru yha.. Semoga Allah berkenan memberi kita kesempatan untuk meraih keridhoanNya disetiap aktivitas kita.. hehe… Renungan ini ditujukan untuk diri saya pribadi.. semoga bermanfaat.

4 thoughts on “Bertanya pada Dunia?

      • serius nanya?
        aktivis da’wah itu adalah..

        eh, menurut ane nih ya. *menurut ane loh, ane, jd banyak salahnya nih*
        jika yang dipikirkan dalam tiap tindakan adalah ‘eh,inget-inget sy adalah aktivis da’wah, jadi kudu begini kudu begitu’ dampaknya adalah agak-agak ga ‘seru’, coba tampilkan diri apa adannya tapi tetep masih syar’i agar terhindar dari niat yang salah. up..up.. (kesotoy-annya luar biasa)

        ga, ga, tiba-tiba jadi inget yang ini loh.
        yang ketika di akhir nanti, yang meninggal dipertempuran or we called it syahid, kemudian Allah bertanya apa yang sudah km perbuat di dunia trus yang syahid bilang Ya Allah, saya sudah mati syahid membela agamaMu, kemudian Allah bilang “Kamu bohong!” Kamu melakukan ini semua agar dikatakan orang lain pembela agama Allah, lanjut kepada yang dermawan, trus kepada orang yang berilmu, dan Allah membalas semua pernyataan mereka dengan Kamu Bohong!
        (maksud sama, redaksi kayaknya ada yang beda)

        *nyambung ga ya?*
        haha, namanya juga sotoy🙂

Leave a Reply

