Nyata dan Maya


Baru-baru ini saya mencoba mengaktifkan kembali salah satu situs yang pernah saya nonaktifkan di dunia maya. Karena suatu hal yang, okelah, membuat saya cukup terbuka untuk mengaktifkan kembali situs tersebut. Walaupun ragu, tapi akhirnya saya bikin akun baru. Dan perasaan itu masih sama seperti pertama kali dulu aku membuatnya. Alat dan teknologi tersebut membuat saya menjadi orang yang ‘berbeda’.

Bukan hanya itu, saya melihat teman-teman saya pun jadi berbeda di sana.. Biasanya jaim ‘Jaga Iman’ dan kalem, di dunia maya bisa jadi sebaliknya. Astaghfirullah.. Tantangannnya gede banget lah.. Terkadang sosok yang saya lihat di dunia nyata 45 derajat berbeda di dunia maya. Hem.. Gimana ya cara ngatasinnya?

Fiuhhh, nggak cuma itu, kadang banyak juga yang saling invite, saling kunjung, saling komen, dan saling-saling lainnya. Kadang mungkin bisa kita ambil hikmah atau yang baik-baiknya lah, tapi kebanyakan hanya komen yang kurang penting. Hingga kadang saya pun terjebak di dalamnya, Allahu Rabbi..

Intinya dunia nyata dan maya itu harusnya sama. Just be your self wherever you go. Seharusnya Anda bisa memberikan dan mengambil kebermanfaatan dari teknologi dunia maya itu, bukan hanya sekedar refreshing semata, upload-upload foto, atau komen-komen nggak jelas. Teknologi kan bisa bermanfaat tapi juga bisa jadi mudharat, ya nggak?? So, gunakanlah dengan baik dan tepat sasaran, agar kita bisa mewarnai yang lain, bukan melebur dengan mereka tapi berbaur dengan mereka dalam batas koridor syar’i.. Ok?

= Ini tulisan untuk mengingatkan saya pribadi😀 =

2 thoughts on “Nyata dan Maya

  1. Ya Rabbana, postingan kita satu judul!
    Isinnya pun hampir sama, ada apa ini ada apa ini?🙂
    setelah theme pun dicontek ama kamu. *sayang aku di private, agar tak terjadi luka-luka di hati para labillers.hihi*

    komen postingan :
    Ya ya,betul, liat saja ada yang patah hati di fesbuk. haha.
    *udah di block belum say? nanti ketauan segala tindak tanduk aktivitas kita*
    ga seru kan jadinnya. :p

Leave a Reply

