Standing Party


Dunia zaman sekarang makin canggih, makin simple, makin-makin segalanya, mungkin juga makin menjaid dunia virtual. Kebiasaan buruk pun menjadi sesuatu hal yang lumrah dan malah jadi hal yang mewah. Contohnya standing party. Banyak acara-acara pesta yang seringkali tidak cukup menyediakan tempat makan sesuai dengan jumlah tamu yang hadir. Alhasil masih banyak tuh yang makan dan minum sambil berdiri. Berdasarkan hadis-hadis riwayat bahwa kedua hal tersebut dilarang oleh Rasulullah saw, berikut cuplikan hadisnya :

 

Diriwayatkan dari Anas bin Malik r.a, dari Nabi saw, “Bahwasanya beliau telah melarang seseorang minum sambil berdiri,” (HR Muslim [2024]).

Qatadah berkata, “Kami tanyakan, bagaimana dengan makan?” Beliau menjawab, “Lebih buruk dan menjijikkan.”

Diriwatkan dari Abu Sa’id al-Khudri r.a, “Bahwasanya Nabi saw. mencela minum sambil berdiri,” (HR Muslim [2025]).

Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a, ia berkata, “Rasulullah saw. bersabda, ‘Janganlah salah seorang dari kalian minum sambil berdiri dan bagi yang lupa ia muntahkan’,”(HR Muslim [2026]).

Terus emang kenapa nggak boleh? jawabannya itu ….

Secara medis dalam tubuh manusia terdapat penyaring  yang bernama sfringer. Saringan itu membuka ketika kita duduk dan menutup saat kita berdiri. Padahal air yang kita minum walaupun sudah dimasak atau diozonisasi bahkan minuman kemasan siapa minum sekalipun masih ada kemungkinan terkontaminasi oleh bakteri-bakteri, tentunya tidak 100% steril. Ketika kita minum sambil berdiri, air yang masuk tidak akan tersaring karena sfringer tertutup.. Jika air yang kita minum tidak tersaring tersebut masuk ke kandung kemih, bisa menyebabkan penyakit kristal ginjal.. Walaupun masih banyak yang bisa menyebabkan penyakit tersebut, tapi mencegah salah satu penyebabnya kenapa nggak? ya tak??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s