Take it Easy


Assalamu’alaykum wr wb

Good morning Mr. Haryo and  all of my friend. My name is Chrysanthee and my supervisor is Ir. James Nobeli Isnaniawardhana, MT. Today I would like to present my internship program report with the title is “Evaluation of Water Treatment Plant Dago Pakar Bandung”. I will start with the purpose of my internship program, that is evaluating the processing and operating units that treats the raw water into drinking water at WTP Dago Pakar PDAM Bandung. And this is the objectives… Bla-bla-bla. The water treatment plant design capacity is about 600L/s and it was divided into four flowmeter pit section consist of coagulation, flocculation, and sedimentation in series. Bla-Bla-bla…. Well this is the end of my presentation. Is there any question??? (ikan bulb-bulb-bulb)……

Wuihhhhh tegang?? Yoi awalnya deg-degan. Tapi setelah berdiri di depan ruang seminar ya.. Make it flow naturally. Toh anak-anaknya kagak dengerin apa yang diomongin. Haha. Sebenarnya pas di depan saking banyaknya yang direncanakan untuk di keluarkan tapi tak jadi karena LUPA. Mana kalo improvisasi pake bahasa inggris harus berpikir grammarnya tensesnya dan segala-galanya. Well, everything’s okay. Setidaknya kamu nggak ngebacain slidenya doang sih. Yang penting full of confident. So i wanna tell you about “how to present our reasearch, internship, or another in english?”

1. Get confident.

2. Kuasai materi cuyy.. Jangan cuma liatin slide di laptop doang.

3. Calm down just relax.

4. Optimis kalo kalo “BISA”

5. Belajar bahasa inggris dan pronounciation yang bener yha.. Kalo kamu belajar yang bener pasti pada di perhatiin.. Seriusan deh..🙂

Soo, presentasi dalam bahasa inggris tak semengerikan yang kamu bayangkan. Seperti kata dosen saya, Anak TL kan Toefl nya 1000.. Emang Ada? Ya intinya setiap orang pasti bisa. Tinggal kemauan dan semangat kita untuk belajar. Jadi kamu yang katanya nggak bisa ngomong bahasa Inggris, ternyata pasti bisa kok. Saya juga nggak bisa bahasa Inggris tapi ternyata saya bisa, walaupun karena gugup ada yang salah-salah ngomong atau bingung mau ngomong apa. Tapi karena itu pertama kali, jadi kedepannya coba deh dibiasakan untuk berbicara dalam bahasa Inggris dnegan teman-temanmu untuk mengasah kemampuan. Apalagi nih TA, Seminar anak TL harus pake bahasa Inggris… Cemangathh!!! Fighting!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s