Story of Deday


Mengajar positif. Pengalaman ini saya dapatkan ketika belajar biola. Subhanallah. Bapak guru saya senantiasa mendidik saya dengan ‘suport’ dan motivasi yang tinggi. Tahukah kamu, ketika belajar biola, hal pertama sebelum masuk kelas adalah cek biola, bow, dan kuku jari, aksesoris tangan nggak boleh pake apapun. Kalo kukunya panjang, pasti disuruh potong kuku dulu di tempat. Mana gunting kukunya tumpul. Susah kali lah. Terus posisi duduk harus tegak. Jangan coba-coba nggak tegak. Kalo nggak tegak, tongkat ajaib berwarna hitam akan melayang ke punggungmu (Alhamdulillah ga pernah…Hahaha).

What else? semua gerak ada dalam posisi yang sempurna, mulai dari bahu kanan kiri, sampai tangan memegang biola dan bow. Kalo nggak, paling di tusuk2 pake tongkat ajaibnya si bapak. Haha. Tadi saya kena pukul di bahu, sakit bener dah.. (==Daripada dipegang sama tangan enakan ama tongkatlah yha.. haha –> So suci kamu ! Kalo foto bareng-bareng seangkatan aja dilakuin.. Cemanalah iki :D) Pulang les saya beli koyo sama counterpain. Mana jari sakit-sakit lagi. Heuu.. Demi konser April, apapun dilakuin wkwkwk.. Tunggulah persembahanku untukmu ‘sayang’.. –> pasti mikir macam-macam.. Oh gak papa lah.. Biarkan mereka dengan pemikiran mereka !

Dan ini yang terpenting, ketika beliau mengajar, selalu berkata “Ayo, pintar kamu pasti bisa” , maklum saya seumuran sama anaknya. Dia tak pernah sekalipun membentak. Walaupun saya sangat abal-abal. Dia selalu memberikan kata-kata “positif”. Ga pernah kata-kata yang, “Ah, masak gitu aja ga bisa?”. Haha itu biasanya saya bilang sama keponakan saya yang tingkat 1. Cuma kalo sama dia, kalo dibilang gitu, pasti terpacu untuk belajar, soalnya kagak mau kalah sama saya haha. Kita saingan emang, dari zaman dulu kala.😀

Nah, saya mendapatkan banyak pelajaran, selama ini kalo saya belajar mau sama guru sedari SD sampe dosen sekarang semua hanya mengajarkan. Tapi sangat sedikit yang mengatakan positif (bukan ga ada tapi hanya sedikit). Sisanya lempeng saja. Bahkan, ada dosen yang bilang, masak gini aja kamu nggak bisa. Heuu.. Emang saya ga bisa bu! Kenapa? Emang itu bukan keahlian saya.. Hihi

Pokoknya belajar biola membutuhkan kesabaran luar biasa dan ketstabilan emosi. Kalo kamu lagi bete atau marah main kamu jadi bertenaga bener, si Vio kagak berbunyi jadinya. Tapi kalo lagi happy dan jiwamu lagi bagus, si Vio selalu bisa diajak kompromi. Dan yang paling dibutuhkan untuk belajar biola adalah 1. Kesabaran 2. Kesabaran 3. Kesabaran 4. Ketekunan 5. Ketelitian 6. Kejiwaan (;-)) 7. Kehalusan 8. Stamina yang prima… (jumlahnya delapan karena saya lahir tanggal delapan. wkwkwk)

feel the soul of your violin.. Just relax and feel the sensation,, and stay tunned with the rythm..

Leave a Reply

