Cool Kas Sehat


Pernah lihat lemari es yang jika dibuka sangat bau? Bau yang busuk atau entah bau apa, yang jelas bikin mual dan eneg? Atau pernah membuka sebuuah lemari es dalam keadaan kotor bahkan remah-remah makanan hingga cicak ada di dalam kulkas? Pasti pernah dong yha, ntah kulkas orang lain atau bahkan kulkas sendiri.. Hweeeee..

Kesal kan yha? Di rumah saya juga pernah seperti itu sepertinya sudah tiga bulan tak di bersihkan. Hingga bau ikan, daging rebus, buah-buah, cabe busuk, sosin, tahu, aarghh bagi yang tak suka kotor itu kadnag menjijikan. Bahkan saya sampai membuang semua makanan yang ada di dalamnya. Yang sudah berhari-hari terkontaminasi bakteri. Jadi jangan berpikir di dalam kulkas ga ada bakteri yha. Kan bakteri juga ada yang bisa hidup di dalam suhu dingin. Jadi kemungkinan kontaminasi itu masih ada. Bahkan ssaya pernah makan es krim yang disimpan dalam kulkas yang tak tertutup rapat, terus saya kena diare.

oleh karena itu, kalian semua mau tua atau muda, mau ibu-ibu atau wanita karir, mau perempuan atau laki-laki, plis jaga kulkas Anda tetap bersih..

Lebih baik hidup bersih daripada hidup mewah tapi sakit-sakit-an kan? hehe😀

Ini beberapa tips agar kulkas selalu bersih dan rapi :

  1. Bersihkan kulkas sebulan sekali. Kalo mau bersihkan bagian tempat-tempat makanan dengan air dan campuran mama lime yang untuk sayuran. Biar agak segar dan wangi. Tapi jangan sampai pake sabun colek atau deterjen yha,,
  2. Simpan makanan dalam kondisi tertutup (masukin ke toples atau misting atau kotak makanan). Baik makanan yang belum jadi atau makanan yang sudah jadi.
  3. Jangan menyimpan makanan dalam plastik yang terbuka begitu saja. Juga jangan pernah menyimpan minuman atau susu tetrapack yang sudah setengah diminum. Susu atau minuman kayak tea juice aqua gitu mending langsung dihabiskan saja. Jangan berpikir hemat untuk hari esok, lalu menyimpannya di dalam kulkas. Jangan pernah lakukan itu. Karena bakteri mudah mengontaminasi. Mending kalo punya imun yang tebel, kalo yang mudah sakitan kan berabe.
  4. Jangan memasukkan plastik-plastik belanjaan dari pasar. Contohnya plastik pembungkus sayuran atau bahan makanan lain. Karena justru dari plastik tersebutlah sumber utama kontaminasi bakteri dari luar kulkas itu sendiri. Mendingan dipindahin ke kotak sayuran atau makanan.
  5. Sebelum dimasukan ke kulkas, cuci bersih dulu sayuran atau bahan makanan untuk memasak. Lalu masukan ke toples atau keranjang tertutup tempat sayuran. Baru masukin ke kulkas.
  6. Jangan hidup kotor deg pokoknya..

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Empat Sehat Lima Sejahtera…😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s