Generasi Firdaus Masa Kini


Mungkin judulnya agak sedikit aneh, tapi paling tidak itulah yang saya tulis untuk cerita ini. Berhubung acaranya ada di Taman Firdaus, Gerlong, Kab Bandung. Dua hari kemaren saya mengadakan sebuah pembinaan untuk adik-adik pengurus rohis sekolahku. Dua hari penuh dengan pengalaman dan ilmu baru dari berbagai sudut pandang anak remaja. Dua hari yang walaupun panitia hanya berlima, tapi sungguh semoga membuat mereka menjadi Istiqamah di jalanNya. Amiin.

Dari berbagai masalah tentunya kehidupan yang dinamis itu berawal. Pada akhirnya melahirkan berbagai manuver-manuver kreatif untuk mengatasi masalah yang ada. Begitulah acara ini muncul walaupun hanya dengan segelintir peserta yang datang, tapi semoga membuat perubahan yang sedikit-sedikit dapat kembali berada pada kondisi yang ideal seperti halnya Ikaris zaman dulu. Amiin

Mendampingi adik-adik itu merasakan aroma yang berbeda, maklum zaman juga berbeda, sehingga melahirkan cara pembinaan yang berbeda pula, karena orang-orangnya pun berbeda karakteristiknya. Pokoknya berbeda deh. hehe. “Perbedaan adalah rahmat Allah swt, dan jangan terlalu suka dengan keseragaman karena dengan banyak keseragaman akan melahirkan ketidakkreatifan” ini menurut kang Rusman ketika beliau memberikan sebuah pelajaran mengenai manajemen konflik.

Entah mengapa saya mendapatkan angin segar berada di sini, berasa awet muda, penuh kebebasan tanpa tekanan. Luar biasa.. Beda banget sama kehidupan saya dikampus. Ternyata keputusan saya untuk ikut acara ini tidak salah, setidaknya saya bisa tertawa dan menangis mengendurkan urat-urat syaraf yang mengencang.😀

Ini adalah daurah paling ajaib selama saya menjadi seorang panitia. Tidak menemukan peserta mengantuk, asli deh! Kalo di kampus mah, kebanyakan ngantuk mulu, kenapa yha? Melihat mereka yang dengan tanpa beban melepaskan ide-ide nya yang kadang berlebai dan unstoppable. Tapi itulah kehidupan remaja masa kini, yang walau masih harus banyak belajar tapi mereka memulainya dengan perlahan.

Ini acara paling dinamis, mulai dari yang datar, tertawa terpingkal-pingkal (bahkan sampai panitia pun tertawa juga, ga nahan ngeliat peserta yang konyol dan kocak), hingga menangis tersedu. Walaupun full of materi, tapi mereka sangat enjoy. Hampir semua peserta selalu bertanya, luar biasa kritis dan memiliki keingintahuan yang tinggi, jujur kalo di kampus jarang nemuin yang begini. Semua serius kalo dikampus. Sebenarnya ini juga daurah yang serius tapi peserta mampu membuatnya menjadi tidak serius atau lebih santai dengan cara mereka.

Dan yang paling heran, peserta akhwat lebih heboh daripada ikhwan padahal jumlahnya sedikit. Hingga saya sebagai panitiapun merasa susah kali bikin mereka diem. haha. Amazing banget lah adik-adikku itu. Apalagi ketika materi manajemen organisasi, mereka diminta untuk membuat sebuah gambar tentang dakwah di sekolah. Terlihat sangat antusias dan ada yang langsung bisa menumpahkan idenya dalam kertas, tapi ada juga yang malah ngoceh-ngoceh punya ide tapi nggak bisa menuangkannya dalam gambar. Ada yang filosofis ada pula yang kreatif, ibaratkan syiar dan kaderisasi.

Latar belakang adik-adik saya itu berbeda-beda, ada yang memang pernah menjadi rohis ada juga yang baru masuk ketika di Ikaris, oleh karena itu mereka sangat-sangat dinamis. Mulai dari kata-kata kocak “jaga hijab dong”. “Eh, akhwatnya berisik kalii sih” (ampe panitia ikhwan keknya kebingungan sama peserta akhawat ini, haha, mereka sangat supel sama panitia). Pokoknya luar biasa nggak bisa dituliskan dengan kata-kata. Rasakan sendiri deh dahsyatnya.😉

Entah mengapa ini daurah yang menghilangkan stress saya sejenak dari kesibukan dunia. Alhamdulillah,,,

** yang dilanda kekagetan luar biasa hingga sekarang saya masih menulis ini.. Subhanallah.. Maha Suci Allah..😮

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s