Hidup adalah pengulangan sejarah


Bissmillah,
Ba’da tahmid wa shalawat,

– Hidup adalah pengulangan sejarah

Oleh karena itu kita diajarkan kisah-kisah yang telah berlalu agar dapat memetik pelajaran darinya. Agar tidak melakukan kesalahan yang sama, karena setiap sendi kehidupan sudah diajarkan bagaimana untuk menghadapinya dalam risalah da’wah yang mulia, Al-islam.

Apa yang diujikan kepada generasi yang telah lalu, juga akan diujikan kepada kita. Petiklah pelajaran bagaimana sebagian generasi yang lalu bisa melaluinya, dan bagaimana sebagian yang lain bisa terjatuh bahkan dihinakan oleh Alloh Ta’ala.

– Alloh itu Maha Adil

Sejarah mencatat, risalah da’wah ditegakkan oleh Alloh ta’ala melalui perjuangan tinta emas para ulama, darah pengorbanan para syuhada.

Perjuangan Nabi dan para shahabat untuk menegakkan risalah ketauhidan itu penuh dengan onak dan duri, dikucilkan, berpegang teguh dengan qur’an dan sunnah, harta dicurahkan penuh berkah namun hidup penuh kezuhudan, kemiskinan tidak membuat mereka hina dan ingkar, menyusun siyasat dari masjid-masjid yang diintai, dimusuhi dengan amat sangat oleh kaum kuffar, bahkan sampai berdarah-darah.

Adilkah kiranya jika sekarang kita menegakkan Islam dengan bergelimang harta, dengan strategi da’wah yang asal comot bukan dari qur’an dan sunnah, dengan menyusun siasat dari balik hotel-hotel mewah nan megah yang nyaman, sedikit dikasih cobaan futurnya gak ketulungan dan apalagi kemiskinan dipandang begitu hina, berangkulan mesra dengan musuh-musuh Alloh, bahkan sampai melanggar batas halal-haram.

Jika kita menuntut keadilan, maka bersiaplah dengan jalan perjuangan, bukan menuntut kesejahteraan di awal.

“Surga itu dihiasi dengan perkara-perkara yang di benci sedangkan neraka dihiasi dengan hal-hal yang disukai.” (Riwayat Bukhari dan Muslim)

Rabbana, kami tidak pernah meminta kau timpakan kesusahpayahan (baik dalam keadaan lapang maupun sempit), namun kami tahu jalan menegakkan risalah ini begitu panjang dan begitu berat, karena itu kuatkanlah kami Yaa Aziz. Aamiin.

Wallohu’alam bishowab. Barokallohu fiikum.

Ir. Fangani, P.Wd

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s