Where are you?


Membaca sebuah e-mail di maillist yang membuat saya tertawa sekaligus sedih dan miris. Membacanya seperti mengulang peristiwa yang telah lalu. Ya, saya juga pernah ada dalam posisi bertanya “kemana?” , juga  pernah berada pada posisi yang dipertanyakan “kemana?”. Tersenyum mengingat kisah itu. Kisah yang pernah membuat saya menangis. Ternyata setiap orang pasti merasakannya, hanya saja ada yang diam atau langsung mengutarakan.

Dulu juga perasaan saya juga sama dengan penulis tersebut. Ni orang pada kemana sih? Tapi ketika kita berada di posisi yang dipertanyakan, nah itu dia. Haha. Dulu sampai, saya di sms, “Husnudzan aja, mungkin dia juga ada amanah lain, jangan terlalu banyak menuntut”. Dan memang sih ketika lagi sibuk-sibuknya dan hanya ada kita saja, rasa untuk berpikir jernih itu sangat sulit. Husnudzan, husnudzan, husnudzan.. Wihhh. Kesabaran saaat itu sangat di uji. Berprasangka baik pada saudaranya, atau dipenuhi su’udzan. Itu terasa sulit.

Dan hal itu memberikan saya pelajaran, pentingnya berprasangka baik, karena itu adalah ukhuwah terendah…

Lalu, bagaimana saat Anda di posisi yang dipertanyakan? Sejujurnya saat saya berada di posisi itu, saya juga jadi kesal, “emangnya lo nggak tahu, gue juga punya prioritas lain tahu”. Di posisi ini juga membuat saya belajar untuk bagaimana terbuka mungkin yha. Andaikan kita beri tahu pada saudara kita, maaf saya ada amanah ini, jadi tidak bisa membantu. Atau setidaknya balas lah sms yang bertanya, kalaupun nggak bisa itu udah cukup banget lhoo.. Tapi yang nge sms juga harus husnudzan juga yha.😀. Pernah kemaren saya ditanya bisa datang atau nggak, terus saya udah bilang nggak bisa, terus di sms lagi, terus saya bales ke orang yang beda, terus dia bilang, “setidaknya bales dong”. Padahal saya udah bales, dua kali lagi, malah bikin saya juga jadi kesal. Emang dunia lagi panas, sabar ya..

Jadi intinya mah yha, husnudzan ajah! Itu pelajaran yang saya dapet pas nangis ga ada orang yang mau bantu, begitu pula saat saya ditanya nggak bisa bantu pun, rasanya menjadi orang tak berguna. Tapi apalah daya, ada yang saya harus kerjakan juga. So, maaf yha yang merasa terlalaikan oleh saya, yang merasa terabaikan. Saya tahu kok rasa pahitnya diabaikan.. Mungkin hanya kata maaf yang bisa saya berikan.. Maaf😦

 

=Ayo, mata bertahanlah, 5203 data lagi harus diinput…

4 thoughts on “Where are you?

  1. sebenarnya email itu bukan buat yang udah gerak sih, buat temen2 yang ga mau gerak aja…bagus juga kalo punya cara sendiri yang penting sinergis saja dengan yang lain. Belajar dari perang uhud, saat suatu jamaah tidak mengikuti apa yang sudah disepakati bareng2 apa yang terjadi dengan jamaah itu. Mungkin orang2 yang turun dari bukit saat perang uhud dulu itu juga merasa benar, mereka juga bukan orang2 yang amalanya biasa2, tapi kita tahu apa yang terjadi kemudian, rasulullah sampai jatuh saat itu. Saya hanya mencoba mengingatkan saja sebenarnya, salut pada temen2 yang tanggapannya positif dan konstruktif…

  2. Assalamlkm… setelah sekian lama ga komen jadinya komen lagi di sini…hehe
    sebenarnya satu poin penting yang ingin di share disana, mengapa untuk sekedar menulis status di FB saja tidak ada yang mau? padahal banyak internetan berjam2, nah itu yang saya bingung. saya berhipotesis, pertama memang ga peduli kedua dia takut dicap mendukung salah satu pasangan sama temen2nya. Nah kalo benar karena dua alasan ini berarti pemahaman mereka yang perlu diperbaiki. Bukan alasan prioritas seperti yang antum tulis. semoga dipahami maksudnya

    • wa’alaykumsalam
      iya sih, mungkin itu juga, salah persepsi, hanya saja pasti ada alasannya.. kalo saya sendiri, karena, toh yang tahu fb saya cuma orang2 itu aja, bahkan banyaknya anak sma, jadi lebih mudah ngomong langsung ke temen2… setiap orang punya cara tersendiri kan.. ya mungkin mereka juga seperti itu.. wallahu’alam..

Leave a Reply

