Lestari Nafasmu


Ini beberapa catatan saya terkait melestarikan sumber daya udara seperti yang diminta oleh pembaca blog saya. Hehe. Maaf baru sempet nulis ini, nyari catatan kuliah dulu, walaupun tak seberapa sih..😀

Seperti yang kita ketahui bahwa Udara adalah sumber daya yang dapat diperbaharui, semuanya sudah tersedia dengan baik di alam dengan komposisi yang sudah di tentukan oleh Sang Maha Pencipta. Lalu bagaimana kita bisa tetap melestarikan sumber daya udara ini??

  1. Kurangi polusi udara dengan tidak membaung emisi di luar ambang batas. Mungkin yang marak sekarang dilakukan adalah car free day. Walaupun sebenarnya tidak terlalu berpengaruh secara signifikan terhadap penurunan emisi yang di keluarkan dari berbagai kendaraan.
  2. Jika Anda memiliki kendaraan, silahkan lakukan uji emisi secara berkala, sekarang ini banyak sekali instansi-instansi yang berlomba untuk melakukan uji emisi bahkan bisa gratis. Hal ini bisa mengurangi bahan pencemar di emisikan ke udara, sehingga apabila hasil uji emisi, emisi gas buang Anda melebihi baku mutu, maka hendaknya Anda memperbaiki sistem pembakaran pada bahan bakar kendaraan Anda (ini statemen kalau tidak salah), saat ini sudah banyak bengkel yang menyediakan hal ini. :p
  3. Mulai memperbaiki sistem pembuangan akhir sampah kita dengan menggunakan landfiling, bukan open dumping, karena emisi pencemar terbesar berasal dari tumpukan sampah secara open dumping. Yang ini memang harus dilakukan secara terintegrasi dari berbagai stakeholder, baik dari tingkat pemerintahan hingga masyarakat. Untuk hal ini, sekarang sudah dikenal dengan CDM, “Clean Development Management”. Itu sesuai dengan protokol Kyoto, dimana negara maju membeli CO2, ke negara dunia ketiga. Contoh, Uni Eropa (Gikoko) membayar sejumlah uang kepada pemerintah Bekasi (TPA Sumur Batu) dalam proyek CDM mereka.
  4. Bagi industri yang menghasilkan buangan udara atau gas, maka hendaknya menggunakan sistem penyaring pencemar, baik menggunakan cerobong dengan ketinggian tertentu sehingga udara mampu mendispersi gas buang, atau di pasang absorber pada cerobong, dan alat-alat pengendalian gas buang lainnya..
  5. Mulai mengembangkan bahan bakar yang eco friendly, saat ini sudah mulai banyak dikembangkan kendaraan berbahan bakar hidrogen (dari air), bahan bakar dari pohon jarak, minyak jelantah, dan penelitian TA saya sekarang adalah, potensi minyak dari Spen Bleaching Earth, dan Anda tentu bisa mengembangkan dari produk lainnya..
  6. Yuk, kita menanam pohon, di sekitar rumah kita dulu lah. Karena pohon mampu menyerap CO2 sekaligus menghasilkan O2, sehingga kondisi udara selalu bersih dan sejuk. Inget zaman SD, jika panas maka duduklah di bawah pohon rindang.
Ini adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan agar udara kita tetap bersih dan sejuk. Semoga membantu dan menambah wawasan kita.
Perubahan selalu di mulai dari kita sendiri, sejak dini..😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s