Konsultasi Gratis Sama Dosen Pembimbing TA


Coba tebak, saat dosen pembimbing berkunjung ke ruang belajar lab. Mau ngapain hayoo? Pasti nggak jauh-jauh dari tugas akhir yang tak selesai-selesai kan? Nanya udah sampai mana? Kapan seminar? Draft TA begimana? atau kapan kamu lulus? Pasti semua anak bimbingan yang lagi ngerjain dosen pada kayak gitu kan mikirnya?

Berbeda halnya dengan dosen pembimbing TA saya yang sekaligus dosen wali saya. Beliau tidak menanyakan tentang TA saya kali ini. Beliau malah bercerita tentang jodoh, nikah, kerja, tentang perempuan. Karena kebetulan penghuni lab B3 adalah para perempuan. Oleh karena itu, jadilah kita bercerita ini. Sebenarnya awalnya nggak ngomongin ini. Awalnya si Bapak cuma nanya seorang anak 2005 yang udah limit banget lulus tahun ini, tapi dianya kagak datang.

Akhirnya entah gimana caranya si bapak jadi ngejodohin dia sama temen saya. Nyampe bilang cocok ko, Karawang dan Semarang, atau Tangerang dan Karawang. Alhasil saya ketawa-ketawa aja dengernya. Yang di bulli2 pada kesel. Mana kadang si bapak kalau bicara suka to the point. “Ngapain sih kamu lulus cepet-cepet entar juga nganggur.”

Terus nyambung lah jadi biro jodoh (susah mendeskripsikan dengan bahasa cuma keingetan ampe sekarang). Si bapak bilang, “Ga ada perempuan yang bisa menerima seorang laki-laki apa adanya”. Teman saya bilang, “saya bisa kok pak, qanaah ko saya orangnya.” Si bapak malah bilang, “Eta mah pasrah bukan qanaah”. Aku ketawa-ketawa aja nahan geli.

Terus biasa kan si teman-teman saya adalah fans sejati anak strip tiga atau anak elektro. Si bapak ngasih saran, jangan mau sama cowok-cowok dari jurusan itu, mereka mah udah jenuh di pasaran, kebanyakan pada nganggur juga. Ketiga teman saya yang hadir langsung pada terperanjat, “Iya gitu pak?”. Terus ngerubah,” yaudah pak kalau gitu anak timur jauh aja”. Bapaknya bilang lagi, “Nah kalo itu mah si ga papa”.

“Udahlah, mau nggak Ca saya jodohin” kata si bapak.
” Lho, kenapa saya sih, kan ada si Masya tuh pak, kenapa saya mulu yang di buli-buli” kata Ica.
“Oh, saya mah tahu tipe si masya mah, dia mah tipenya anak salman, ganteng, kaya dan pengusaha.”

Sejujurnya saya sangat tertawa mendengar dosen pembimbing saya berkata seperti itu. Ngerasa kocak, “kagak segitunya kok pak”, kata saya. “Haha. Justru cuma satu yang bener, syarat terakhir pak yang bener. Hehe” kata saya menambahkan.

“Orang-orang kayak kamu biasanya kan tipe-tipe begitu.” katanya lagi sambil tertawa.
“Tidak termasuk saya pak. Hehe”

Yang lain juga malah saling menunjuk-nunjuk.. Apalah.. kena juga aku.. haha

Selain itu, si bapak juga ngasih saran. Perempuan itu harus bisa ngurus keluarga. Kerja boleh kok atau S2 lagi yang penting harus bisa menyeimbangkan kodrat nya sebagai seorang istri. Jangan sampai menelantarkan keluarga apalagi kalau udah punya anak. Pokoknya mah kudu seimbang lah kata si bapak.

Dan akhirnya percakapan ini diakhiri oleh kedatangan tamu dan memanggil si bapak keluar ruang kerja. Dan semua ketawa-ketawa. Ampuuun.. Konsultasi gratis nih..

Ada yang menarik sebelum pembicaraan ini, si bapak memberikan satu pernyataan pada saya, ” istri shalihah mah kedah kersa di wayu, ya kan?” ( istri shalihah itu harus mau di madu). Saya cuma bilang, “Apa pak?”. Bingung mau jawab apa..

Ah, pak padahal deg-degan nih TA saya bakal ditambahin, ternyata cuma ngobrol-ngobrol ini.. Hadoooh..

2 thoughts on “Konsultasi Gratis Sama Dosen Pembimbing TA

  1. wah,,,sama,,
    malahan konsultasi ini pas ujian seminar proposal lho,,,

    hihihi…

    orang-orang mah lagi pusing sidang,,,
    si akuh dan temenku malah dapet konsultasi gratis…
    🙂

    • jangan baca blog aku.. isinya sampah semuaaaa…. tidaaaaak.. haha

      aku mah terkesan dengan ini teh, “Si bapak bilang, “Ga ada perempuan yang bisa menerima seorang laki-laki apa adanya”. Teman saya bilang, “saya bisa kok pak, qanaah ko saya orangnya.” Si bapak malah bilang, “Eta mah pasrah bukan qanaah”. Aku ketawa-ketawa aja nahan geli.”

      pada kenyataannya hal tersebut terjadi pada laik-laki bukankah demikian? :p

Leave a Reply

