Tanya Diri Sendiri


Saya selalu senang ketika melihat saudara-saudari saya yang sudah terjun ke dunia nyata (alias jadi pengusaha atau jadi kuli), ketika mereka mampu mempertahankan idealisme yang selalu digemakan saat di kampus. Dan merasa sangat sedih ketika satu persatu icon itu tanggal dari kehidupannya. Ya, memang, zaman kuliah 180 derajat sangat berbeda dengan kondisi kerja.

Terutama bagi akhwat, banyak orang-orang yang dulu disekitar saya yang memiliki penampilan lebih “rapi” dari saya berubah sekali. Kalau masalah penampilan, okelah mungkin tuntutan profesi, tapi kalau laku pun jadi berubah. Wah saya tidak tahu kenapa bisa demikian. Walaupun demikian, saya selalu mencoba berpikir Positif. Positive Thinking.

Walaupun, penampilan berubah bukan berarti ketaatan kepada Allah menjadi berkurang. Karena tak ada jaminan, semakin lebar jilbabnya semakin taat ia kepada Allah. I mean, not all, just some women.🙂 (sambil bertanya kepada diri sendiri). Tapi entah mengapa saya selalu merasa, semakin kemari kok semakin melonggar ya?? Hufff (tanya lagi diri sendiri). Terlalu banyak “excuses”.

Tapi, karena saya sudah merasakan dunia kerja, sedikit banyak yang saya pahami, tidak sulit kok mempertahankan idealisme kita. Well, ya tidak di semua pekerjaan. Sebenarnya, hanya tinggal kita sedikit berdiskusi dengan apa yang diyakini. Dan yang pasti masalahnya bukan pada orang-orang disekitar kita yang “mungkin” telah merubah kita menjadi orang yang baru. Intinya ada pada “ketahanan” kita untuk mempertahankannya. Kadang kita terlalu banyak “worry” yang sebenarnya tidak perlu. Sehingga mensugestikan diri kita “aneh” dibanding dengan orang lain di lingkungan kita beraktivitas. Alhasil, alih-alih kita yang mewarnai, tapi malah kita yang terwarnai.

(sambil bertanya pada diri dan berpikir)

Leave a Reply

