Around Indonesia 2012


Start from South Sulawesi (Makassar – Barru – Parepare – Sinjai), then Central Sulawesi (Palu – Parigi Moutong ), then Gorontalo (Gorontalo – North Gorontalo – Pohuwato), then North Maluku (Ternate), Central Java (Solo), West Sumatera (Padang), Bengkulu (Bengkulu – Kaur), Kepulauan Riau (Batam Island), West Kalimantan (Pontianak – Singkawang – Sambas), Nusa Tenggara Barat (Mataram – Bima), West Sulawesi (Mamuju – Majene – Mamasa), and last trip is East Kalimantan (Balikpapan).

North Sulawesi (Manado) and Bali (Bali) well eventhough just transited for 2-3 hours.. “̮♡hϱ♡hϱ♡hϱ♡”̮

12 provinces and 24 cities of Indonesia this year, Alhamdulillah. Anyway I never thought about this before. Such a wonder full time for, since yha you know, I was never allowed to go far away from home since childhood, so it was really amazing to know how is the air over there. Really big thanks for My Love, ever after, who is hold my soul, Allah.

Apa saja yang kita terima harus disyukuri bukan? Sekecil apapun itu. Karena pada hakikatnya kita dilahirkan tidak memiliki apa-apa, dan yang kita miliki sekarang pun, bukan seutuhnya milik kita, karena itu semua adalah titipan Allah. Yang kita miliki adalah amalan kita, ketaatan kita kepada-Nya, dan tentunya bergunung dosa kita pada-Nya.

Sahabat-sahabat saya mungkin sudah terbang kesana kemari melintasi dunia, tapi tak apa, Alhamdulillah Allah memberikan kesempatan pada saya untuk melihat betapa indah Indonesia. Perbedaan suku, dialect, bahasa, atmosfer, udara, cuaca, makanan, agama, budaya, social, peradaban, dan lain-lain. Memberikan saya sesuatu.
Indonesia sungguh Negara kaya

Mari membangun negeri, terutama daerah tertinggal semacam daerah timur, karena seperti yang kita tahu, peradaban Indonesia ada di Pulau Jawa dan sekitarnya.

Pembangunan terintegrasi, pendidikan, infrastruktur, karena dulu sempat jadi temannya para da’I (emang sekarang nggak? Hehe) mungkin tentang agama, karena sempat merasakan ke daerah kecil yang misionarisnya masih kental, social, pariwisata, pertanian, dll.

Ternyata banyak hal yang perlu dibenahi di Negara kita, yosh.. Semangat para pemuda Indonesia! Yang udah tua jangan patah Semangat juga hehe. Mari membangun negeri Indonesia tercinta. Seseorang pernah berkata, Indonesia sama Eropa itu nyaris sama kok luasnya, yang membedakan itu bagaimana cara membangun bagian-bagian wilayah tersebut.

Kita punya banyak makanan khas yang lezatnya tiada tanding, sampai seseorang di eropa sana tergila-gila dengan gado-gado dan berusaha membuat lontongnya. Haha. Kita punya banyak macam-macam Soto dengan kelezatan luar biasa. Jepang punya ramen, kita? Mie ayam, mie tek-tek, mie baso, mie keriting, mie kikil, dan segala macam mie.. Korea punya ttoekboegi, kita? Gemblong ketan, ketan serundeng goreng, lemper, tape ketan, dan segala macam olahan dari ketan. Italia dan Mesir punya pizza and martabak, ah jangan khawatir kita juga banyak yang jual, wkwk.. Western style makanannya steak, kita? Jangan salah lebih gahul tarikan gigi saat menggigit sate, lebih sensasional. Western style food saat thanksgiving makan kalkun panggang, wah dikita sih ada banyak pilihan rasa, bebek, burung belibis, itu juga tak kalah enak kok, betul kan?

Ah Indonesia emang hommy kalau soal makanan, hehe. Keindahan alam, kita juga banyak yang indah kan? Pulau Lombok dengan 3 Gili’s nya dan Rinjaninya, ngobrol banyak sama turis disini. Bali, udah pada tahu lah yha pesona pulau satu itu, kecuali bom Bali nya hihi. Sulawesi Tengah, sekarang sedang dimajukan pariwisata pantai Tanjung Karang di Kabupaten Donggala, itu pantainya MashaAllah, indah banget, saat saya berkesempatan kesana, bahkan tidak ada tiket masuk, dan karang-karangnya masih perawan bo. Hehe . Terus waktu ke Majene, juga sepanjang jalan pantainya indah banget, refreshing mata banget lah itu, jarang-jarang kan lihat laut.. Ah pokoknya de best best best best Indonesia.

Masalah social, heum luar biasa juga lho orang-orang Indo ini, hihi. Budaya, beuh, bermacam-macam juga. Negara mana yang ada upacara adat ngebersihin mayat, mengganti bajunya, berfoto bersama para mayat yang diawetkan, keknya cuma Toraja punya tuh. Tapi yha itu, pendidikan di kabupaten – kabupaten masih kurang baik, tapi Alhamdulillah yha ada program Indonesia Mengajar, cukup memberi bantuan apalagi kalau satu sekolah gurunya cuma 1 orang.

Infrastruktur dan sanitasi, nah ini dia, memang harus diperbaiki dan direncanakan dengan cukup jeli. Masterplan dan lain-lainnya harus dipertimbangkan dengan melihat aspek2 lainnya yang mungkin akan berubah seiring waktu. Disini gunanya engineer-engineer yang harus mampu bersaing dengan dunia nyata, profesionalitas, pemikiran spasial dan futuristic..

Jangan cuma, yang penting dapet kerjaan, terus kerjanya nggak sungguh-sungguh. Begitulah, sebenarnya banyak hal yang ingin diceritakan, tapi sebagian sudah saya tulis jika ada kesempatan untuk menulis setiap pulang dari kota-kota tersebut. Yang berminat monggo diobrak abrik..

Rekaman perjalanan tour de Indo 2012 by me.. Semoga Allah masih memberikan kesempatan kepada saya untuk tour de world, amiin yaa mujibasailin.

Posted from WordPress for SmartPhone.

2 thoughts on “Around Indonesia 2012

  1. untuk pembangunan infrastruktur ini Indonesia sangat unik, tidak bisa mencontoh negera2 lain di dunia… negara2 maju di dunia rata2 merupakan negara continental, jepang yang negara kepulauan pun sistem kepulauannya tidak sekompleks Indonesia.

    jadi kita harus terus mau mencoba, try and error, sampai ditemukan ciri khas pembangunan ekonomi yang memang cocok dengan Indonesia…

    hayuk, bekerja untuk Indonesia…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s