Baso Lover


Beef ballSaya punya kebiasaan unik dengan beberapa kelompok orang yang bisa dikatakan cukup dekat, dari mulai ngumpul Nyoto, Nyiskek (Nge-cheesecake à tapi jadinya kue bolu keju), Nge-Bebek, dan yang paling menarik adalah Nge-Baso. Kenapa? Karena sering hanya main untuk makan baso bareng. Nah, ceritanya saya akan memaparkan tempat baso yang dirasa cukup enak di lidah, di daerah Bandung. Dari yang paling deket rumah hingga yang lokasinya cukup jauh dari rumah. For Bakso sake.. Wkwk.. (Photo by Denies wonderland)

Baso Mang Ano

Baso Mang Ano itu tempat makan baso semasa SD dan SMP saya. Lokasinya sering mangkal di SD Pakar di Bukit Pakar Timur. Zaman SD ampe sekarang si Emang nya masih jualan dong. Udah berapa generasi coba? Dari zaman SD saya Cuma beli 500 rupiah udah kenyang banget. Pedesnya mantap ! dan sekarang juga masih jualan, kadang kalau hari libur suka terlihat di daerah Depan Alfamart Jalan Juanda, sebelum belokan menuju THR Juanda. Ini tipikal perpaduan baso kampong sama baso malang.

Baso Gerbang Dago Asri

Baso ini terletak di pintu gerbang dago Asri. Rasanya cukup lumayan, tapi bukan selera saya sih, soalnya lemaknya. Bikin lidah berasa berlendir gimana gitu. Ini juga macam baso kampong. Dan dia jualannya bentar banget, dari pagi jam 10an dan abis zuhur kadang udah mau abis aja. Buat yang nge-Kos didaerah sini, boleh lah di coba, sebagai variasi makan siang, biar nggak Ng-warteg ajah. Hehe

Baso Panghegar DH

Nah, ini dia. Tempat makan baso yang pernah sekali menipu dompet saya. Haha. Pasalnya, saya piker saya beli semangkuk baso tapi baso nya ingin dikurangin sama baso tahu. Terus dikasih lah sama si emangnya. Tapi, pas bayar, malah jadi mahal. Haha. Beuh, sama aja gitu mah. Tahu gitu kan, gue pesen yang sesuai dengan tawaran aja yang ada baso tahunya. Tapi rasanya enak juga kok. Lokasinya nggak jauh dari si Baso Gerbang Dago Asri. Dan jam buka tutupnya lebih lama, karena tempatnya nyatu sama jualan Chinnese food gitu.

Yan Baso Solo

Nah, ini tempat yang sering dikunjungin sama saya dan teman saya Ami. Lokasinya di jalan tubagus Ismail sebelum bunderan ke Tubagus Ismail I. Rasanya enak dan mengenyangkan ! Asal jangan kebanyakan cuka dan sambal, nanti rasanya nggak jelas, berasa rujak *pengalaman. Hehe’

Baso Parahyangan daerah RS. Boromeus

Ini sebenarnya namanya baso Panghegar, tapi si Ami dulu nyebutnya baso Parahyangan, entah dapat ilham darimana berubah jadi Parahyangan. Alhasil geng kita nyebutnya selalu baso Parahyangan. Rasanya juga tak kalah enak dengan Yan Baso Solo. Tapi buat Yamien nya, saya prefer Yan Baso Solo. Dan tempatnya, karena diatas maaf *got* jadi agak sedikit *stingy*. Haha, tapi tetep enak ko. Abis seminar TA atau UAS atau UTS biasanya mampir makan disini.

Mandeep Bakso Malang

Ini salah satu baso malang yang cukup enak di Bandung dan cukup terkenal. Pusatnya kalau nggak salah ada di seberang Pusdai seberang rumah makan HDL, cabangnya ada di jalan purnawarman yang deket BEC, dan daerah jalan Dipati Ukur. First Impression nyoba disini, Mahal buat kantong mahasiswa. Haha. Tapi nggak kenyang. Huhu. Saya baru nyoba yang di jalan Dipati Ukur dan Purnawarman, rasanya lebih enak yang purnawarman. Hehe. Ntah kenapa, karena kelaparan kali ya abis muter-muter gramedia. *loh

Bakso Malang Karapitan

Kalau yang satu ini sudah tak asing lagi di telinga orang Bandung bukan? Bahkan mungkin warga diluar Bandung. Dulu saya sering main disini semasa masih SMA, di BMK yang jalan merdeka deket BIP. Rasanya lebih enak Mandeep. Cuma disini tempatnya cozy dan minuman favorit disana itu, blue coral yang ada bubble tea nya. Nah semenjak kuliah TL, ngambil mata kuliah sanitasi makanan, langsung aja menghindari makanan berwarna aneh-aneh, padahal dulu saya suka warna biru. Wkwkwk

Baso Linggar Jati di deket Alun-alun Kota Bandung

Baso Linggar, pertama kali mendengar saat kemaren Tugas jadi “pembantu” teman-teman di KemenPU di Savoy Homann Bandung. Terus sorenya langsung beneran ngebaso lah, sama orang-orang kantor. Lumayan traktiran Bos Putri. Ehehe. Padahal sesungguhnya kenyang parah, dari pagi ngunyaaah aja, *ceritanya perbaikan gizi*. Terus disana saya nyobain Yamien Basonya. Hmm.. Mirip-mirip Yan baso sih, dan rasanya hmmm.. lebih enak Yan Baso Solo yang di Tubis. Harganya mahal pulak, bertujuh ampe 250 ribu. Wow !! Padahal porsinya sama dengan yang di tempat-tempat lain. Ah, bersyukur dibayarin. Wkwkwk.. Yang punyanya chinnese, tapi saya Tanya Halal kok..

Baso Bonpis

Nah, baso Bonpis ini terletak di samping GMC dan Kartika Sari Dago. Yang berbeda dengan baso ditempat lain itu, baso bonpis bisa pesen pakai Nasi. Haha. Temen saya si Sisthah, suka beli baso dimakan pakai nasi. Rasanya lumayan enak lah. Macem-macem baso Solo gitu. Nah, di bonpis, tersedia banyak makanan. Tidak hanya baso saja, tapi ada baso tahu, pempek, bubur ayam, dan lain-lain.

Baso Malang President 

Baso malang ini pedagang baso yang sering dipanggil temen temen di kantor. Tinggal sms langsung si mamang datang atau kalau nggak bisa biasanya si mamang presiden akan balas. Walau harganya cukup mihil untuk skala pegawai cupu kayak saya, tapi tetep aja dibeli apalagi ditraktir. Wkwk. baso yang cukup memberi suasana berbeda jika sangat bosan dengan lunch yang itu itu ajah. Rasanya bisa diadjust sendiri alias self service, ampe si mamangnya biasanya cuma duduk duduk nunggu pelanggan riweuh nyiapin bakso olangan.

Bakso Trisno Cibabat

Ini nih, bakso yang super enak menyaingi tempat bakso paporit si Yan bakso Solo. Harganya cukup mahal juga tapi sesuai dengan rasanya. Berlokasi di jalan utama cimahi samping tahu Yun Yi.  Kalau kesini pas jam makan siang, seringnya ngantri ama emak2 bapak2 kantoran haha. Es kelapa muda alpukatnya juga mantap!

Nah, sekian travelling baso nya. Hehe. Oh iya, ada lagi baso Akung yang di jalan lodaya deket Palasari. Katanya enak juga! Jika berminat boleh dicoba. Selamat kuliner !

5 thoughts on “Baso Lover

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s