Magnificent Beauty


Pernah suatu kali seseorang sahabat bertanya tumblr_ncu4ypJxr81rkhgdxo1_500kepadaku,“Kenapa lelaki di luar sana mementingkan kecantikan fisik pada seorang wanita?”

Entah, tapi aku selalu malas jika harus membahas tentang hal ini. Berjuta perasaan yang tak terdefinisikan, aku tidak mengerti. Aku berkata padanya, “Bukankah itu fithrah seorang lelaki? Sama halnya dengan wanita dengan keelokan barang berkilau? Sah sah saja bila mereka menginginkan seorang pendamping yang cantik, yang selalu membuat hati berdegup kencang, dimana systole dyastole berirama turun naik begitu cepatnya.”  

Aku tahu, sahabatku bukan seorang perempuan cengeng yang mementingkan fisik, dan aku pun tahu dia mengerti tentang apa yang baru aku katakan kepadanya. Dia hanya sedang berduka, menuntut hati untuk bisa tenang, dan kemudian kembali ke jalan seperti biasanya.

Aku dan dia berdiskusi tentang apa itu cantik? Itu sesuatu hal yang memang relatif, setiap orang memiliki parameter tersendiri. Tapi kebanyakan manusia, entah itu lelaki terlebih seorang wanita kebanyakan, berpikir bahwa cantik itu putih seputih mutiara, langsing berbentuk violin, kulit halus selembut sutra, rambut indah berkilau, mata bening sebening kilau berlian, dan segudang pesona lainnya yang sering ditunjukkan di televisi sana.

Tapi memang banyak wanita di luar sana yang Allah berikan amanah dengan wajah cantiknya, dan begitu pula dengan wajah yang katanya tidak cantik. Sekarang hanya bagaimana kamu bersyukur untuk menjadi wanita cantik atau wanita yang dikatakan tidak cantik. Keduanya titipan Allah yang harus kamu jaga. Terkait bagaimana orang berkata tentang dirimu, itu urusan mereka, jangan kau ambil hati, atau kau hanya berkubang dalam kesengsaraan si Cantik dan si Tak Cantik.

Jika dia berkata kau tidak cantik dan ia tidak memilihmu, biarkan saja, bukankah kamu masih punya Allah yang memberi kecantikanmu? Bahkan, Allah saja cukup menggantikan orang – orang disana yang tidak pernah melihat sisi cantikmu yang lainnya. Bukankah itu lebih menenangkan?

Kau tahu dan mengerti bukan, bahwa Allah itu Mahaadil, jadi kenapa kamu harus berputus asa ketika orang berkata kamu tidak cantik? Aku berteman dengan mu dengan kepribadian mu, bukan dengan rambutmu yang indah, wajahmu yang menawan, matamu yang elok, itu hanya bentuk fisik, dan mereka tidak berbicara dengan ku. Lantas kenapa kamu masih resah?

“Aku tau, tapi aku tetap saja kesal, hanya karena aku tidak diberikan anugrah fisik yang indah di mata orang” katanya padaku. Iya aku tahu rasanya, tapi hidup mu tak berakhir disana. Akan ada orang – orang yang jauh lebih baik dari sekedar memperhatikan kecantikan fisikmu, kamu hanya tinggal percaya saja pada Allah yang mengatur semuanya.

Aku tahu, aku pun seorang wanita, aku tahu wanita cantik itu seperti apa dengan parameter mataku, dan aku juga akan berkata pada diri sendiri, aku tidak cantik menurut parameter mataku sendiri, bahkan aku pun berkata aku memang tidak cantik, jika kau parameterkan kecantikan seperti yang aku sebutkan cantik itu diatas. Tapi, aku suka dengan yang Allah berikan padaku, terkait bagaimana orang menilai ku cantik atau tidak, itu terserah kepada mereka, hidupku akan terus berjalan dengan atau tanpa ucapan mereka cantik atau tidak.

So, I think you should be more grateful for who you are now. You’re dazzling on your own and you have your own fabulous thing. 

Kelak Allah menghisab amal – amal mu, bukan kecantikanmu yang kau pertahankan dengan berbagai ramuan kecantikan.

Just remember…

Selalu akan ada orang – orang yang melihatmu lebih dekat, yang menemukan kecantikan yang tak pernah terdefinisikan oleh kata kata duniawi para pemuja kecantikan fisik. Remember that, the beauty never last forever. 

Kau akan menemukan seseorang yang dengannya kamu bisa selalu bersyukur dengan semua yang Allah berikan kepadamu.

You are beautiful no matter what they say
Words can’t bring you down….
You are beautiful in every single way
You are beautiful on your own beauty
Just be grateful to Allah

I don’t understand why people said this and that about beauty. How much precious is a beauty? Haha, but I can’t deny when I see a beauty woman in front of me, I can’t help to say, wow she is gorgeous !

You know dear, someone ever said this to me “Why the women in my country really want to have her skin tan? But well, i can’t deny, I love the tan skin better than the white redness skin. So, many women here done so much efforts to make her skin a little tan by sunbathing at beach. Because what you call beautiful here for woman is slim and tan”

So, is there any absolute parameter for beauty? No, there is no such thing. Miss Universe in my eyes isn’t that beauty compare to Anne Hathaway, haha. You, you define the paramater of beauty,  or even worse those bunch of manufacturer of beauty product define it.

So just be yourself, no matter what they say.. 99,9ers said that😉

Inspired from conversation this morning, dedicated to my beloved sister🙂

Leave a Reply

