Flying With Baby


whatsapp-image-2016-11-18-at-11-07-32

Yara was sleeping in baby Bassinet (Emirates)

The first time flying with baby and long journey can be really worrying and tricky. Sebelum berangkat cari cari info, maskapai mana yang baby friendly, tapi setiap tanya ini dan itu, pasti semua orang punya persepsi masing – masing dong ya. Akhirnya kita hanya cari cari info apa yang harus dilakukan saat terbang bersama bayi apalagi bayi yang masih 6 bulan. Maskapai yang kami pilih jatuh pada Emirates. Alasannya, suami saya pengen nyobain pesawat double deck. Haha. Lalu nyobain transit di Dubai Int’l Airport yang katanya keren itu.

Lalu apa saja kebutuhan bayi saat berpesawat ? Ini sama saja dengan keperluan bayi kalau keluar rumah, yaitu :

  1. Nappies/popok
  2. Nappy sacks/kresek/plastik untuk popok bekas
  3. Baby wipes
  4. Travel changing mat/alas buat ganti popok
  5. Hand sanitizers
  6. Tissue
  7. Baju ganti

Jika bayi sudah mulai weaning bisa bawa cemilan atau makanan bayi atau bisa pesan baby food di maskapai saat melakukan pemesanan ticket plus terkait baby bassinet untuk bayi < 1 yo. Lumayan loh 8 jam perjalanan gendong bayi kalau nggak ada baby bassinet, at least kalaupun si bayi nggak mau ditaruh di sana, bisa digunakan buat nyimpen barang haha. Selain itu barang tambahan seperti baby toys (optional). Perlengkapan diatas dibawa di cabin loh ya bukan baggage.

Kelebihan terbang bersama bayi/balita adalah selalu didahulukan untuk antri check in dan boarding. Di Manchester Airport bahkan ada line khusus manula, bumil, bayi/balita. Jadi lebih cepat. Hihi. Serta tentu saja, orang orang British disini selalu menyilakan untuk ngantri duluan jika membawa bayi.

Penerbangan Manchester – Dubai – Jakarta dilalui dengan tidur tenang. Yara kagak nangis sama sekali alhamdulillah, tapi doi kagak mau makan. Berbeda dengan  bayi tetangga kiri kanan yang makannya macam orang kelaparan 3 hari ga makan. Wkwk. Nah pas transit di Dubai si Yara diculik mba mba KSA (Kingdom Saudi of Arabia) haha, sister Nahla. Terus gue bengong si Yara dibawa hahaha. Emak emak dodol. Akhirnya aku samperin. Si Yara nya bengong mau nangis di jejerin sama temen barunya seumuran. Wkwk. Dan kita satu pesawat ampe Jakarta, doi mau liburan ke Bali. Lalu kami berpisah di Cengkareng.

Nah, saat perjalanan Jakarta – Dubai – Manchester ini luar biasa, Yara nangis selalu pas mau take off, huks mungkin kerana perjalanan tengah malam tidur nggak bener. Jadinya rewel, mana she pooped three times, oh please, hahaha. Makannya dikasih roasted slice turkey with mashed potato and steam peas, sama gigit – gigit breadstick yang keras macam peyek. Haha.

Selama penerbangan, saya merasa flight attendant Emirates ini ramah nan comel sangat, berjumpe lah kita orang dengan crew dari Indonesia dan Malaysia. Tapi kok rasanya tidak seramah crew dari negara lain ya. Haha. Nevertheless overall they’re really a great help for passengers with baby/children. Sangat memuaskan ! Bahkan si Yara main ama flight attendant dan digendong pas mamaknya beberes tas wkwkwk. Mba pramugari ini baik banget, pas si bocil nangis-nangis sewaktu take off and landing karena selalu pas dia ngantuk pengen digendong sambil berdiri, pasti diajakin main disenyumin dan si bocil suka eh, eh, eh,”senyum senyum nyengir hahaha.. Yeah, this is my Little Cheeky Lady. 

Oiya kalau bawa bayi pas take off atau landing kata sebagian orang harus sambil breastfeeding biar ga sakit telinga, tapi Yara sih nggak Alhamdulillah, malah kesal karena ngantuk atau lagi tidur saat boarding terus kebangun karena harus pakai seatbelt wkwk. Jadilah dia rewel. Atau pas sewaktu perjalan ke Jakarta doi lagi tidur nyenyak, saat landing/take off alhamdulillah baik baik saja. Sewaktu diletakkan di baby bassinet juga doi tidur nyenyak. Hihi.

Baby bassinet juga harus diminta ke maskapainya saat akan terbang, confirm by phone, tapi saat kita kemaren hanya minta pas check-in ulang di airport. Saat akan terbang pramugari akan menge-check ukuran panjang bayi, muat atau nggak dengan bassinetnya. Kemaren Yara dikasih yang paling panjang bassinetnya. Wkwk. Saat ada turbulensi juga bayi harus tetap pakai seatbelt nggak boleh diletakkin di bassinet. Haha.

Fly with Emirates is really enjoying moment, we got a lot of stuffs for baby such as baby blanket, bag of Cussons product with spoon and bib, and magnet sketcher. 

 

Leave a comment