Reuse Our Paper


Bumi punya cukup persediaan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Tapi tidak cukup untuk memenuhi keserakahan kita

(Mahatma Gandhi)

Tahukah Anda berapa banyak pohon yang ditebang untuk menghasilkan satu lembar kertas HVS? Berapa banyak pohon di tebang setiap hari di bumi pertiwi ini? Berapa banyak kertas HVS yang putih bersih itu kita buang begitu saja? Jawabannya “banyak” kawan!

Setiap hari, 10 pohon di Indonesia di tebang tanpa alasan yang jelas, ratusan pohon ditebang untuk menghasilkan ber-rim-rim kertas. Padahal, dari zaman kita SD ampe sekarang kita udah tua, kita tahu kalo pohon itu bagaikan alveoli kehidupan dunia, nafas bagi banyak paru-paru dunia.

Teringat pas zaman SD, sering banget di kasih tahu, atau bikin cerita tentang, sejuknya duduk di bawah pohon rindang. Kalo kepanasan, kita ngadem aja di bawah pohon. Nah, kalo pohonnya udah pada di tebang nih, mu ngadem di mana lagi? Kolong jembatan layang? Mending kalo saluran drainasenya bagus, kagak bocor-bocor ke bawah jembatan, mending juga kalo jembatannya kagak pernah di pake, kagak ada polusi-polusi yang malah bikin sakit paru-paru kita.

Pokonya betapa berartinya pohon bagi kita, ya nggak? Aku pernah di ceritain sama dosen PLP (bukan pakaian layak pakai, tapi pengolahan limbah padat, hehe), di Jepang nih, kagak ada yang pake kertas seputih sebersih kertas HVS yang ada di Indonesia. Orang-orang yang pake itu, cuma orang-orang yang berduit dan nggak berpendidikan. (wooww, menarik kan? nggak berpendidikan teman?) Bagaimana dengan yang di Indonesia? justru yang pakai kertas yang bersih dan putih kinclong itu adalah orang-orang berduit dan BERPENDIDIKAN kayak kita-kita.. Betul, betul, betul?

Kalo masalah orang-orang berduit itu sih jelas. Tapi, kenapa mereka berpikir orang yang nggak berpendidikan yang ngegunain kertas itu? Soalnya orang-orang yang “berpendidikan” pasti akan menyayangi lingkungan mereka dan mereka tidak akan menebang banyak pohon  hanya untuk kertas yang sangat putih. Amboi, Subhanallah bukan. How about Indonesia?

Di sana nih, pake kertasnya yang agak broken white gitu. Soalnya bagi mereka, semakin putih kertas berarti semakin banyak pohon yang harus ditebang. I will ask you again, How’s Indonesia?

Kagak perlu saya jawab kan, Anda udah tahu sendiri lah di Indonesia kayak apa. Makanya nih di TL ITB, kalo bikin laporan harus di kertas re-use, atau kalo ngegunain kertas baru harus dipake bolak-balik. Diusahain nggak boleh ngegunain kertas yang sehalaman doang di pakenya, kecuali kayak laporan formal macam TA atau laporan Kerja Praktek yang mesti dijilid-jilid.

Kamu punya banyak kertas? Let’s make over them !
Kumpulin kertas yang salah satunya masih kosong.. lalu sulap jadi notebook mungil atau besar… Lumayan kan? daripada harus beli notes yang baru? Bikinnya juga jadi lebih murah. Kamu bisa pake clip yang gede buat ngejepitnya.. yang penting berguna, daripada harus pergi ke tukang jilid, mahal pula.. mending ngejilid sendiri. Kamu bisa beli pembolong kertas, nah buat ring-nya lebih enak beli sendiri per meter.. jatuhnya lebih murah lhoo. atau kamu bisa pake ring dari notes2 yang udah nggak kepake, trus buang aja kertas-kertas yang nggak pentingnya.. sulap deh jadi notes baru…

Selain bisa menghemat uang, bisa menghemat pohon juga lho… Buat kertas-kertas yang udah nggak kepake, jual aja ke tukang loak. Don’t burn it, ok? Kalo dijual ke tukang loak, kertas-kertas itu bakalan didaur ulang dan dijadikan kertas daur ulang.

Anda harus tahu bahwa kertas daur ulang itu ramah lingkungan. Alasannya karena kebutuhan bahan bakar yang digunakan. Energi yang dibutuhkan dalam mengolah kertas ini 70% lebih sedikit dibanding kita mengolah dari pohon…

So, let’s reuse our paper, friends… ^^v

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s